Kisah Jonathan Ive, Tokoh Penting dan Berpengaruh di Balik Perusahaan Apple


Naviri Magazine - Setiap perusahaan memiliki tokoh kunci, selain pendiri atau pemimpinnya. Sang tokoh kunci biasanya menjadi sosok yang berpengaruh dalam berbagai produk yang dihasilkan perusahaan tersebut. Begitu pula dengan perusahaan Apple. Mereka sama memiliki tokoh kunci, yang dianggap sosok penting di balik produk-produk Apple. Tokoh kunci itu bernama Jonathan Ive.

Jonathan Ive alias Jony Ive merupakan salah satu sosok paling berpengaruh di Apple. Bila Steve Jobs maupun Steve Wozniak adalah dua sosok pendiri Apple, Ive yang mengantarkan perusahaan itu berada di posisinya saat ini. Sebagai perusahaan yang membuat produk dengan desain yang ciamik, minimalis, dan terasa mewah.

Ive, tulis Apple, bertanggung jawab atas semua desain di Apple. Ini mencakup hardware, user interface, pengemasan produk, hingga proyek arsitektural Apple. 

Bersama perusahaan berlogo apel tergigit itu, Ive menggondol 5.000 paten. Tentu berhubungan dengan desain yang ia ciptakan. Salah satunya tak lain ialah iMac, lini komputer Apple, yang pada 1998 sukses membuat Apple sebagai perubahan yang besar di bidang desain PC. Sebelum iMac meluncur, PC merupakan perangkat yang membosankan. Dengan desain yang kaku.

Pada 1997, Ive didaulat Steve Job menjabat Vice President of Industrial Design. Hari ini ia adalah Chief Design Officer. Mengutip Smitsonian Magazine, Ive merupakan “satu di antara dua sosok paling penting di perusahaan paling bernilai di dunia”. Jasanya di bidang desain kemudian mendapatkan penghargaan Knight Commander of the British Empire dari Kerajaan Inggris pada 2013.

Salah satu bukti penting Ive bagi Apple adalah tak dicantumkannya nilai gaji Ive ke publik. Padahal, data soal gaji seluruh jajaran tinggi Apple dipaparkan ke publik atas permintaan Securities Exchange Commision. 

Apple tentu bukan satu-satunya punya sosok kunci, di banyak perusahaan lain tentu punya jagoannya masing-masing, yang cukup menentukan arah perusahaan. 

Related

Technology 2460663143545123463

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item