Kisah Unik Orang-orang yang Tergila-gila pada Buku (Bagian 1)


Naviri Magazine - Bisa jadi, Anda punya teman atau mengenal seseorang yang tergila-gila atau terobsesi pada buku. Kemana pun dia pergi, tempat pertama yang dikunjungi adalah toko buku. Ketika ada pameran atau bazaar buku, dia pun membeli buku dalam jumlah banyak. 

Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana dia akan membaca buku-buku tersebut? Mengingat banyaknya buku yang ia miliki dan koleksi, mungkinkah dia akan membaca semuanya? 

Jika teman Anda membeli dan mengoleksi buku dalam jumlah luar biasa, dan dia terus menerus melakukannya, maka bisa jadi teman Anda seorang bibliofilia, yaitu orang yang tergila-gila pada buku. Orang semacam itu biasanya mencintai buku, dan ingin memiliki serta mengoleksi buku sebanyak-banyaknya, meski ia tahu tak mungkin mampu membaca semuanya.

Jean Claude Carriere, novelis dan aktor, pernah duduk dan berbincang bersama Umberto Eco, novelis dan pakar semiotika. Mereka berusaha bercerita dan berbagi kesan tentang buku-buku dan bagaimana mereka mempengaruhi proses kreatif pada masing-masing individu. 

Dalam perbincangan itu Umberto Eco membincangkan berbagai buku dari 50.000 buku koleksinya yang berasal dari abad ke-17 hingga modern.

Perbincangan keduanya tertuang dalam buku This is Not the End of the Book: A Conversation curated by Jean-Philippe de Tonnac. Dalam buku ini, baik Carriere maupun Eco tak berhenti pada sekedar pamer referensi buku. Mereka bicara perihal peradaban yang dibangun dari buku. Mulai dari lukisan dinding gua sampai neorealisme Italia, hieroglif hingga kode komputer, dan bagaimana semestinya buku-buku diterjemahkan. 

Seperti kita tahu, Eco adalah salah satu orang yang membenci penerjemah, yang ia anggap sebagai pencidera pemikiran dan kesusastraan. De Tonnac sendiri dikenal sebagai kolektor dengan koleksi 40.000 buku, di antaranya ada 2.000 buku kuno yang langka.

Apa alasan orang memutuskan untuk membeli buku, terlebih buku langka yang harganya mencapai ratusan hingga miliaran rupiah? 

Nicholas A. Basbanes, penulis dan peneliti kebudayaan buku, menulis mengapa manusia terobsesi dengan buku dalam karyanya, yang berjudul A Gentle Madness. Ia bercerita bahwa dunia mengenal banyak kolektor buku yang melakukan tindakan gila, mulai dari menggali kubur, mencuri, menipu, menyamar, sampai membunuh untuk memiliki manuskrip tertentu. 

Obsesi kolektor buku bisa menjadi cerita tersendiri, misalnya mitos tentang Don Vincente, seorang mantan pendeta asal Spanyol yang merampok dan membunuh setidaknya delapan orang untuk melengkapi koleksi bukunya. Atau kisah tentang Richard Heber yang mengisi delapan rumahnya, empat di Inggris dan empat lain sisanya di berbagai benua, dengan buku-buku langka. 

Kegilaan para kolektor buku ini melahirkan lini bisnis yang usianya sama dengan obsesi pecandu buku. Yaitu bisnis buku-buku langka.

Bibliofilia atau bibliofilisme adalah kecintaan terhadap buku. Sementara bibliofil adalah seorang individu yang mencintai buku. Inilah yang menjadi pasar bagi penjual buku langka. Bagi seorang bibliofil, kepemilikan buku lebih penting daripada isinya. 

Seorang bibliofil bisa membeli atau mencuri buku langka karena sejarah, kisah, dan nilai dari buku itu. Setiap mereka memiliki obsesinya tersendiri, ada yang gemar mengkoleksi buku sastra Amerika Latin, buku masakan, atau buku tentang sihir. Makin berpengalaman mereka, maka semakin khusus buku koleksi yang dimilikinya.

Robert F. Lucas, seorang kolektor juga penjual dan penyusun panduan mengkoleksi buku, mengatakan ada tiga hal paling penting dalam membeli buku antik: kondisi, kondisi, dan kondisi. 

Meski buku tersebut cetakan pertama dan bertanda tangan pengarangnya, namun jika dalam keadaan rusak akan merendahkan harga jual. Jangan mau termakan promosi, dan perhatikan kualitas. Perhatikan kisi-kisi buku dan kondisi sampul: Jika itu hard cover apakah ada selimutnya? Jika itu edisi kolektor apakah ada kotak sampulnya? Hal demikian akan mempengaruhi harga jualnya.

Baca lanjutannya: Kisah Unik Orang-orang yang Tergila-gila pada Buku (Bagian 2)

Related

Books 2426512266747748566

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item