Mengenal Aneka Manfaat Buah Badam untuk Kesehatan (Bagian 4)


Naviri Magazine - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Mengenal Aneka Manfaat Buah Badam untuk Kesehatan - Bagian 3). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Mengatasi radang sendi

Radang sendi adalah penyakit yang membuat sendi terasa ngilu dan nyeri. Radang sendi dapat diatasi dengan mengonsumsi buah badam, karena buah ini mengandung asam lemak omega-9 yang bermanfaat untuk meredakan radang sendi. 

Mengatasi gangguan metabolisme

Sewaktu-waktu, tubuh bisa mengalami masalah atau gangguan metabolisme, misalnya dalam bentuk masalah kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid sering terganggu akibat sistem metabolisme yang terganggu. Kandungan nutrisi dalam buah badam dapat membantu kinerja kelenjar tiroid secara maksimal, sehingga sistem metabolisme tubuh akan lancar dan tidak terganggu.

Mencegah kerusakan sel

Buah badam mengandung antioksidan yang tinggi, dan kandungan zat tersebut bermanfaat dalam mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

Menangkal radikal bebas

Di sekitar kita banyak terdapat radikal bebas, yang berpotensi menimbulkan masalah terhadap kesehatan. Radikal bebas bisa menimbulkan jerawat, flek hitam, komedo, hingga kanker kulit. 

Mengonsumsi buah badam secara teratur dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas. Jika tubuh tidak rentan dengan radikal bebas, maka kesehatan akan lebih terjaga.

Menyehatkan kulit

Kandungan nutrisi dalam buah badam mendukung kesehatan kulit, dan itu artinya membantu kulit Anda lebih cantik. Masalah kulit, semisal kulit kering, bersisik, kusam, dan berbagai masalah serupa, dapat diatasi dengan rutin mengonsumsi buah badam, karena buah ini mengandung vitamin E yang baik untuk kulit. 

Vitamin E dalam buah badam juga membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV yang menyerang kulit, sehingga menjadikan kulit Anda lebih sehat.

Buah badam juga mengandung mineral serta asam lemak esensial yang bagus untuk menghaluskan kulit. Sementara vitamin E dalam buah badam bermanfaat dalam membantu melembapkan kulit. 

Terakhir, kandungan minyak dalam buah badam juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Sel-sel kulit mati yang menumpuk menjadikan kulit tampak kusam. Saat sel-sel kulit terangkat, kulit pun akan tampak lebih bersinar.

Menyehatkan rambut

Ada banyak masalah yang bisa menghinggapi rambut, misal kerontokan, ketombe, gatal pada kulit kepala, dan lain-lain. Rutin mengonsumsi buah badam dapat membantu mengatasi masalah-masalah rambut, karena vitamin E di dalamnya memiliki menfaat dalam menyehatkan rambut secara keseluruhan.

Selain vitamin E, buah badam juga mengandung: 
  • Biotin, yang bermanfaat dalam mencegah kerontokan rambut; 
  • Mangan, yang berguna dalam mengatasi masalah kulit kepala, dan menghindarkan gatal-gatal pada kulit kepala;
  • Tembaga, yang berkhasiat dalam menyehatkan jaringan rambut;
  • Asam lemak esensial, yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan menghindarkan kerontokan rambut;
  • Zinc, yang bermanfaat untuk memperbarui sel-sel rambut di kulit kepala, sehingga membuat rambut lebih subur.

Menjadikan bibir lebih cantik

Memiliki bibir yang merona dan indah alami tentu dambaan setiap wanita. Anda bisa mendapakan hal tersebut dengan memanfaatkan buah badam, atau lebih tepatnya minyak buah badam. Anda bisa membeli minyak badam yang telah jadi, lalu mengoleskannya pada bibir setiap malam. Pagi harinya, saat bangun tidur, basuhlah dengan air dingin.

Related

Health 6363566589792789465

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item