Mengenal Jenis-jenis Cowok dan Karakter Mereka yang Unik (Bagian 3)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Mengenal Jenis-jenis Cowok dan Karakter Mereka yang Unik - Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Selain cowok yang menyenangkan, cowok yang hangat, cowok yang panas, dan cowok yang perayu, ada pula cowok yang sok benar, Cowok yang egois, owok yang manja, cowok munafik, dan cowok penyaji. Berikut ini uraiannya.

Cowok yang sok benar

Dalam terminologi Herman Goldstine, cowok jenis ini dinamakan sebagai tipe ‘prize winner’. Ini adalah jenis cowok yang menganggap bahwa dirinya selalu benar, dan tak pernah salah, khususnya dalam hal hubungannya dengan seorang cewek.

Jadi, dalam otak cowok ini, yang salah dan yang kacau itu adalah segala hal di luar dirinya. Kalau ada sesuatu yang tak beres, maka menurutnya itu terjadi di luar dirinya. Kalau ada sesuatu yang salah dan merepotkan, maka itu bukan tanggung jawabnya. Tak peduli apakah dia penyebabnya ataukah bukan, cowok ini tak pernah menganggap dirinya salah atau bertanggung jawab atas suatu ketidakberesan.

Seringkali, cowok jenis ini adalah cowok yang menjengkelkan sekaligus memuakkan. Memiliki pasangan dari jenis cowok ini juga seringkali lebih banyak mendatangkan kejengkelan daripada kesenangan. Siapa yang senang berhubungan dengan orang yang akan selalu menimpakan kesalahan pada diri kamu meskipun dia sendiri penyebabnya…?

Cowok yang egois

Ini tak jauh beda dengan cowok tipe sok benar di atas, namun cowok berjenis egois ini lebih memiliki ciri khas; yakni dia lebih mencintai dirinya dibandingkan apapun lainnya. Ini adalah jenis cowok narsis kelas parah. 

Jadi, kalau kamu berhubungan dengan cowok jenis ini dan merasa yakin kalau dia mencintai kamu, maka kamu perlu menyadari bahwa cintanya terhadap dirinya sendiri jauh lebih besar dibanding cintanya pada dirimu. Karenanya, jangan heran kalau sewaktu-waktu dia akan mudah melepaskan atau memutuskan cintanya denganmu jika ia menganggap itu dapat merugikan cintanya kepada dirinya sendiri.

Cowok yang disebut sebagai tipe cowok ‘ragabash’ ini adalah jenis cowok yang sulit berbagi. Baginya, yang penting dan yang paling penting adalah dirinya, dan yang di luar dirinya adalah nomor dua. 

Cowok jenis egois ini akan mengukur segala-galanya dari sudut pandangnya sendiri dan akan menilai serta menjatuhkan pilihan dengan dasar pertanyaan besar; apakah ini sesuai dengan keinginanku? Jika jawabannya adalah ‘tidak’ maka dia akan rela melakukan apa saja untuk meninggalkannya, meski itu kekasihnya.

Cowok yang manja

Ini cowok yang tidak seperti umumnya cowok. Kalau cowok lain lebih menjadi gantungan atau sandaran bagi cewek pasangannya, maka cowok bertipe manja ini lebih menjadikan pasangannya sebagai tempat gantungannya atau sandarannya. Rapuh dan lemah, itulah jenis cowok manja ini. 

Dia takut menghadapi masalah, tanggung jawab, serta cenderung menimpakan segala yang terjadi (khususnya yang negatif) pada diri pasangannya. Ini adalah tipe cowok yang tidak akan ragu untuk menyatakan, “Aku jadi menderita seperti ini karena kamu!”

Ciri paling mencolok dari cowok yang disebut bertipe ‘fragile’ ini adalah hobinya yang suka mengeluhkan segala sesuatu, khususnya menyangkut apa yang dilakukan oleh pasangannya. Dia akan mudah mengeluhkan bahwa pasangannya kurang perhatian, kurang pengertian, dan kurang segala hal, tak peduli apakah dia sendiri juga telah memberikan semua yang dikeluhkannya itu pada pasangannya.

Kalau cewek yang terlalu manja seringkali menjadi menjengkelkan alih-alih menyenangkan, maka cowok yang terlalu manja seringkali menjadi amat sangat menjengkelkan sekali!

Cowok 'munafik'

Pernahkah kamu bertemu atau kenal dengan seorang cowok yang nampak kuat dan tegar, memiliki kehidupan yang nampaknya berkecukupan, namun juga sekaligus nampak tidak membutuhkan orang lain sama sekali? Kalau kamu berpikir bahwa itu adalah orang yang kuat, hebat dan luar biasa, maka kamu keliru. Salah satu ciri yang seringkali menandai kerapuhan seseorang adalah sikapnya yang menunjukkan seolah dia tidak membutuhkan orang lain sama sekali!

Ini adalah jenis cowok yang munafik dalam arti yang berbeda dari definisi yang biasa digunakan dalam hubungan cowok-cewek. Disebut sebagai tipe ‘tough-fragile’, cowok ini lebih munafik terhadap dirinya sendiri dibanding kepada orang lain. Dia membutuhkan orang lain—membutuhkan pasangan—namun dia bersikap seolah dia tidak butuh, seolah dia telah cukup hidup sendiri tanpa orang lain.

Menghadapi cowok jenis ini juga termasuk sulit, karena cowok ini cenderung tempramental, mudah berubah pikiran, terlalu kritis (dalam hal-hal yang negatif), sekaligus menganggap dan menilai dirinya terlalu tinggi. Menghadapi cowok ini diperlukan kehatian-hatian yang sangat tinggi karena dia peka, sensitif, dan seringkali mudah meledak.

Cowok penyaji

Apakah kamu memiliki seorang kekasih yang kamu yakini sebagai cowok yang baik namun dia sepertinya jarang atau bahkan tidak pernah menyatakan perasaan cintanya lewat kata-kata? Jika ya, maka bisa jadi cowok yang menjadi pasanganmu itu merupakan jenis cowok yang disebut ‘cowok penyaji’ atau ‘provider’ ini.

Cowok dalam tipe ini adalah cowok yang menganggap bahwa cinta adalah perbuatan, dan bukan sekedar kata-kata. Pernyataan cinta dari cowok tipe ini lebih suka ia ungkapkan dengan perbuatan dibandingkan dengan sekedar pernyataan verbal. 

Karenanya, cowok ini bisa jadi bukanlah tipe yang romantis, namun kamu akan merasa nyaman bersamanya, karena dia selalu tahu apa yang kamu perlukan dan kamu butuhkan—dan kemudian dia akan berusaha memenuhinya. Hidup dengan cowok jenis ini adalah hidup dengan perasaan dan perbuatan, bukan hanya sekedar ungkapan kata-kata. Cinta adalah perbuatan, begitulah filosofi cowok ini.

Related

Psychology 2290565690498080992

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item