Review Kelebihan, Kekurangan, dan Spesifikasi Samsung Galaxy M12


Naviri Magazine - Review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Samsung Galaxy M12. HP modern dengan layar canggih, kamera lengkap, hingga baterai besar.

Melihat peminat yang tinggi pada seri Galaxy M, Samsung meningkatkan dan menawarkan berbagai macam model menarik sesuai kebutuhan. Salah satu yang bisa jadi andalan adalah Samsung Galaxy M12.

Handphone (HP) ini memiliki kekuatan utama pada baterai, layar, hingga performa. Sangat cocok bila kamu sedang membutuhkan smartphone berspesifikasi andal dengan harga yang terjangkau di segmen menengah ke bawah.

Banyak hal menarik yang dimiliki Galaxy M12. Untuk mengetahui lebih lanjut, kamu bisa simak ulasan mengenai kelebihan, kekurangan, serta spesifikasi lengkapnya berikut ini!

Kelebihan Samsung Galaxy M12

Setelah membaca sekilas berbagai peningkatan performa serta fitur-fitur terbaru dari Samsung Galaxy M12, kamu perlu menyimak beberapa kelebihannya, yang sangat layak untuk dipertimbangkan:

1. Kapasitas Baterai Jumbo

Kegiatan kamu sehari-hari harus berada dilayar smartphone setiap waktu? Jika begitu, kamu pasti butuh kapasitas baterai yang besar. Samsung M12 siap menjadi jawaban kebutuhan tersebut.

Galaxy M12 menawarkan kapasitas baterai 5.000 mAh, yang diklaim dapat bertahan seharian selama 19 jam untuk menonton video, dan 49 jam untuk menelepon di jaringan 4G.

Tidak hanya itu, baterai samsung M12 ini juga dibekali dengan fast charging 15W, hingga kamu tidak perlu bolak-balik mengisi baterai karena kehabisan daya, juga tidak perlu menunggu lama hingga smartphone kamu selesai charging.

2. Desain yang Lebih Modern

Galaxy M12 adalah salah satu ponsel Samsung berharga terjangkau yang dihadirkan dengan desain masa kini. Pemilihan warna dan pola di bagian belakang membuatnya tampak fresh.

Tampilannya tidak menunjukkan bahwa ia smartphone menengah ke bawah. Bagi kamu yang memiliki concern soal desain, rasanya Samsung M12 bisa memenuhi itu.

3. Quad Camera Kekinian

Quad kamera dari Samsung Galaxy M12 menjadi fitur yang tampak menonjol dari luar. Samsung memberikan kamera yang sangat profesional untuk memanjakan penggunanya dalam menangkap momen.

Kamera utamanya 48 MP, ultrawide 5 MP, dan berkonfigurasi 2 MP untuk sensor makro. Ukuran lensa sebesar dan sebagus itu tentu akan memberikan hasil yang maksimal dan berkualitas.

4. Layar dengan Refresh Rate 90Hz

Meski bukan 120Hz, tetap saja refresh rate layar 90Hz yang terpasang pada ponsel seharga mulai Rp 1 jutaan terasa begitu istimewa. Terlebih, ini adalah perangkat keluaran Samsung.

Layar dengan refresh rate 90Hz sebelumnya sangat populer digunakan oleh jajaran smartphone flagship. Jadi, pengalaman menggunakan gawai ini akan terasa kesan premiumnya.

5. Ruang Penyimpanan Beragam

Keunggulan lainnya dari Samsung Galaxy M12 adalah pilihan memori dan RAM yang beragam. Kamu bisa memilih sesuai dana dan kebutuhan kamu, tanpa terlewat fitur menarik dari smartphone ini.

Samsung menawarkan RAM 3 GB dengan memori 32 GB atau RAM 4 GB dengan memori 64 GB. Didukung oleh teknologi eMMC 5.1, kamu bisa menyimpan berkas dengan kecepatan optimal, serta bonus slot kartu microSD.

6. Sistem Operasi Terbaru

Sistem operasi paling baru telah ada pada Galaxy M12, benar-benar jadi yang paling ditunggu-tunggu dari smartphone ini.

Bayangkan, dengan harga yang terjangkau, kamu sudah bisa menggunakan sistem operasi Android 11, sistem ini akan memanjakan kamu dengan berbagai fitur terkini.

Salah satunya ada dark mode otomatis hingga smart home yang bisa kamu coba langsung saat menggunakan ponsel ini.

7. Berbagai Macam Fitur Sensor

Samsung Galaxy M12 lagi-lagi memberi kejutan dengan menyediakan sensor sidik jari side mounted, cukup jarang ada smartphone yang menggunakannya. Sensor jari ini dipasang pada bingkai HP, sehingga lebih muda diakses.

Ia juga dilengkapi dengan accelerometer yang mampu mendeteksi serta mengukur getaran. seperti saat mengubah layar dari mode landscape ke potrait maupun sebaliknya. Sensor proximity juga hadir untuk mengamankan dari sentuhan yang tidak disengaja.

8. Performa Andal dan Hemat Daya

Butuh smartphone yang dapat multitasking? Kamu bisa mengandalkan Samsung Galaxy M12 ini, berkat dukungan chipset Samsung Exynos 850. Prosesor ini terbilang bertenaga dan irit data dengan teknologi fabrikasi 8 nanometer (nm).

Soal grafis, dipercayakan pada GPU Mali-G52. Versi ini diklaim memiliki kinerja 30% lebih baik dan pada efisiensi daya memperoleh peningkatan 15%.

Kekurangan Samsung Galaxy M12

Selain beberapa kelebihannya, tentu ada beberapa kekurangan yang juga perlu diperhatikan sebagai pertimbangan pada smartphone ini:

9. Tidak Mendukung NFC

Sebagian orang merasa bahwa fitur near field communication (NFC) cukup dibutuhkan untuk mempermudah beberapa aktivitas, seperti melakukan proses pembayaran cashless di era digital seperti sekarang.

Namun, sayangnya Samsung Galaxy M12 belum memiliki fitur NFC untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

10. Bobot yang Lebih Berat

Bobot Samsung Galaxy M12 adalah 214 gram (g). Jika dibandingkan dengan beberapa produk Samsung sebelumnya mungkin akan terlihat lebih berat.

Namun, bila kamu tidak mempedulikan hal tersebut, maka Samsung M12 tetap direkomendasikan untuk pemakaian sehari-hari berkat baterainya yang besar.

Spesifikasi Samsung Galaxy M12
  • Nama: Samsung Galaxy M12
  • Rilis: April 2021
  • Berat: 214 g
  • Material: Depan kaca, bingkai dan belakang plastik
  • Jenis dan Ukuran Layar: IPS LCD, 6,5 inci
  • Resolusi Layar: 720 x 1.600 piksel (HD+), ~270 piksel per inci
  • Chipset: Samsung Exynos 850 (8nm)
  • CPU dan GPU: Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A55 & 4×2.0 GHz Cortex-A55), GPU Mali-G52
  • WiFi: Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot
  • Sistem Operasi: Android 11, One UI Core 3.1
  • RAM: 3 GB atau 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB atau 64 GB
  • Kamera Belakang: 48 MP (f/2.0, wide, PDAF) + 5 MP (f/2.2, 123° ultrawide) + 2 MP (f/2.4, makro) + 2 MP (f/2.4, depth)
  • Kamera Depan: 8 MP (f/2.2, wide)
  • USB: Type-C
  • Sensor: Sidik jari (di samping), accelerometer, proximity
  • Baterai: 5.000 mAh (fast charging 15W)
  • Harga: Mulai dari Rp1.809.000 (cek harga Samsung Galaxy M12 selengkapnya)

Nah, itu review kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M12 beserta spesifikasinya. Dengan harga mulai Rp 1 jutaan, kamu sudah dapat smartphone berdesain modern, layar canggih, serta performa optimal dan hemat daya. Tertarik?

Related

Smartphone 5976930017660970783

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item