Apa yang Menyebabkan Suatu Bahasa Bisa Punah? Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - Bagaimana suatu bahasa, yang semula eksis dan digunakan banyak orang, bisa punah dan tidak lagi dikenali? Tentu saja jawabannya karena tidak ada lagi yang menggunakan.

Jika pertanyaan itu dilanjutkan, mengapa ada suatu bahasa yang sampai kehilangan pengguna, hingga akhirnya punah dan tak lagi dikenali?

Ada banyak faktor yang menyebabkan punahnya bahasa-bahasa daerah di Indonesia. Seperti bencana alam, perang, genosida, serta dominasi ekonomi, politik, dan budaya.

Menurut data yang disajikan oleh badanbahasa.kemendikbud.go.id, faktor penyebab terjadinya kepunahan bahasa antara lain faktor ekonomi, misalnya kemiskinan yang terjadi di pedesaan yang memicu terjadinya urbanisasi. Ketika sampai kota, mereka akhirnya melupakan bahasa daerah, dan lebih banyak menggunakan bahasa yang umum digunakan di kota tujuan.

Selain itu, faktor dominasi budaya oleh masyarakat mayoritas juga berpengaruh, seperti bahasa mayoritas dan bahasa negara di dalam pendidikan dan kepustakaan, yang mengakibatkan terpinggirnya bahasa daerah.

Faktor politik juga dinilai menjadi pemicu, misalnya kebijakan pendidikan yang mengabaikan bahasa daerah, serta kurangnya pengakuan atau larangan terhadap penggunaan bahasa minoritas dalam kehidupan masyarakat.

Faktor sikap juga dinilai berpengaruh, misalnya stigma yang menganggap bahasa minoritas identik dengan kemiskinan, buta huruf dan penderitaan, sementara bahasa mayoritas dinilai sangat lekat dengan kemajuan.

Related

Science 4106123089426517191

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item