Hindari Memberi 10 Makanan Ini kepada Pasien Isoman Covid-19, Nanti Bakal Lama Sembuhnya


Naviri Magazine - Memilih makanan yang bergizi sangat penting bagi penderita Covid-19, termasuk bagi mereka yang sedang menjalani isoman alias isolasi mandiri.

Saat ada keluarga atau kerabat yang isoman, biasanya kita terpacu untuk mengirimkan sejumlah makanan kepada mereka. Namun, jangan asal kirim makanan, supaya orang terkasih cepat sembuh alih-alih semakin parah.

Berikut 10 makanan yang sebaiknya jangan sampai diberikan kepada pasien isoman:

1. Makanan Instan

Di balik kepraktisannya, makanan instan tak dianjurkan untuk dikonsumsi, seperti mi instan, bubur instan, hingga makanan kaleng.

2. Makanan Tinggi Garam

Makanan ini biasanya berasal dari makanan kemasan, seperti aneka keripik dan ciki, misalnya.

3. Makanan Cepat Saji

Hindari memberikan makanan cepat saji, seperti burger atau kentang goreng, kepada pasien isoman. Kalorinya tinggi, tetapi gizinya hampir tak ada.

4. Makanan Tinggi Gula

Meskipun enak dan terlihat menggoda, makanan tinggi gula, seperti donat, cake, dan sebagainya harus dihindari dulu bagi pasien isoman.

5. Sereal Tertentu

Tak semua sereal mengandung bahan yang aman. Sebagian besar sereal kemasan mengandung tinggi gula dan hampir tak ada gizinya

6. Gorengan

Siapa yang bisa menolak gurihnya gorengan? Namun, makanan ini harus dihindari saat isoman karena bisa memperparah peradangan.

7. Makanan Pedas dan Asam

Contohnya seperti seblak atau bakso aci karena bisa meningkatkan asam lambung. Pilih kuah yang lebih light, ya!

8. Makanan Gula Olahan

Makanan jenis ini sebaiknya tak diberikan kepada pasien isoman (isolasi mandiri). Contohnya seperti kue bolu atau brownies. Gulanya tinggi banget!

9. Makanan Tepung Olahan

Contohnya seperti pasta. Kamu bisa menggantinya dengan membuat mi homemade yang lebih sehat.

10. Makanan Tinggi Lemak

Contohnya seperti jeroan atau makanan berkuah santan. Makanan-makanan tersebut juga pantangan pasien Covid-19, khususnya yang punya riwayat kolesterol tinggi.

Itulah 10 makanan yang sebaiknya tak diberikan kepada pasien bergejala Covid-19 saat isoman alias isolasi mandiri. Pilih makanan yang lebih sehat dan segar supaya mempercepat proses pemulihannya, ya!

Related

Health 3852312816286217539

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item