Ini 10 Cara Sederhana Mencegah Stres Akibat Pekerjaan

Naviri Magazine - Stres adalah kondisi yang sangat berbahaya yang dapat menjadi akar-penyebab masalah kesehatan yang serius. Stres dapat di...


Naviri Magazine - Stres adalah kondisi yang sangat berbahaya yang dapat menjadi akar-penyebab masalah kesehatan yang serius. Stres dapat digambarkan sebagai suatu kondisi di mana ada sejumlah besar tekanan emosional atau psikologis, frustrasi, dan perasaan negatif lainnya, yang mempengaruhi kesejahteraan emosional seseorang.

Beberapa stres yang paling umum termasuk tuntutan pekerjaan, ketakutan menghadapi ujian, jadwal yang ketat, masalah moneter, penyakit, orang yang tidak menyenangkan, masalah kehidupan pribadi, dan lain-lain.

Penting untuk memastikan kita bebas stres, mengingat stres adalah salah satu penyebab utama sebagian besar penyakit.

Jadi, ikuti tip sederhana berikut yang dapat membantu Anda menjalani hidup bebas stres, terutama jika Anda bekerja sebagai profesional.

Tip # 1

Pertama, sangat penting untuk belajar bersantai; Anda bisa pulang ke rumah dan meluangkan waktu setidaknya 15 menit setiap hari untuk meditasi.

Tip # 2

Catat semua hal yang membuat Anda stres di tempat kerja dalam sebuah jurnal, sehingga Anda bisa menganalisis dan mencari cara untuk mengatasi stres itu.

Tip # 3

Anda harus bertanya pada diri sendiri jika pekerjaan Anda benar-benar layak dan tidak hanya membuat stres saja. Jika memiliki pilihan untuk beralih ke pekerjaan yang lebih baik, Anda selalu dapat mengambil pilihan itu.

Tip # 4

Anda dapat berbicara dengan atasan tentang bagaimana aspek-aspek tertentu dari pekerjaan mempengaruhi kesehatan Anda, siapa tahu atasan dapat membantu Anda dalam beberapa cara.

Tip # 5

Jika pekerjaan Anda adalah jenis pekerjaan yang memungkinkan untuk bekerja dari rumah, Anda dapat memilih bekerja dari rumah untuk sementara waktu.  Itu penting untuk menghilangkan stres yang terkait dengan perjalanan menuju dan dari tempat kerja.

Tip # 6

Pastikan pekerjaan Anda menarik, karena seringkali pekerjaan yang membosankan dapat menggagalkan kesuksesan seseorang dan menyebabkan stres.

Tip # 7

Jika  merasa diberi upah rendah untuk jumlah pekerjaan yang dilakukan, yang pada gilirannya menyebabkan stres, Anda harus berbicara dengan manajer mengenai hal itu.

Tip # 8

Selalu lebih baik jika Anda memiliki lingkaran sosial yang baik untuk menghabiskan waktu luang bersama di tempat kerja, karena kadang-kadang kesepian di tempat kerja juga dapat menyebabkan stres.

Tip # 9

Selalu penting untuk mengetahui batas di tempat kerja. Jika seseorang membuat Anda berlebihan di tempat kerja, padahal bukan merupakan bagian dari pekerjaan Anda, beban kerja tersebut dapat menyebabkan stres. Jadi, Anda harus belajar untuk mengatakan 'tidak'.

Tip # 10

Ambil istirahat setidaknya sekali dalam beberapa bulan, tinggalkan laptop, dan telepon di rumah, dan pergi selama beberapa hari untuk membantu mengurangi stres kerja.

Related

Tips 3646525377289816046

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item