Ini 4 Cara Agar Lebih Mudah Mendapat Teman di Usia Dewasa


Naviri Magazine - Pernahkah Anda merasa semakin bertambah usia, pertemanan pun semakin mengerucut? Menjalin relasi dengan orang-orang baru juga semakin sulit. 

Anda tak sendirian. Pasalnya, sebuah studi yang dipublikasikan di National Library Medicine menunjukkan, orang dewasa berusia di atas 25 tahun cenderung kesulitan menjalin pertemanan dengan orang lain. Hal itu disebabkan karena pada fase ini, seseorang sudah punya tanggung jawab untuk bekerja atau mengasuh anak, sehingga sudah tidak memiliki banyak tenaga untuk menjalin pertemanan.

Namun, jangan khawatir. Beberapa cara berikut ini bisa membantu Anda agar lebih mudah berteman di usia dewasa.

Anda hanya perlu lebih terbuka untuk berteman dengan siapa saja dan tidak malu bertemu orang baru. Dua hal ini merupakan kunci pertemanan pada anak-anak. Sedangkan orang dewasa lebih banyak berpikir dan tertutup.

"Seharusnya tidak ada rasa malu ketika mengatakan, 'saya mencari teman sekarang'," kata Ann Friedman, penulis buku Big Friendship, sekaligus pembawa acara podcast Call Your Girlfriend, mengutip Well and Good.

Berikut cara mudah menjalin pertemanan di usia dewasa.

1. Berteman dengan teman dari teman

Kepala editorial perusahaan aplikasi kencan, Bumble, Danielle Bayard Jackson, mengatakan, untuk menambah lingkaran pertemanan dengan berkawan dengan temannya teman.

Tanamkan pola pikir bahwa teman dari teman Anda, juga bisa menjadi teman Anda. Mereka bukanlah orang asing yang sulit diajak berinteraksi.

"Banyak dari kita mengabaikan teman dari teman. Mereka sering diabaikan karena dianggap pesaing persahabatan," kata Jackson.

Anda bisa meminta teman untuk mengenalkan Anda dengan temannya. Ikut bergabung pada kegiatan yang sama. Bisa juga dengan mulai mengikuti di media sosial.

2. Ikut banyak kegiatan

Sama seperti hubungan romantis, menjalin pertemanan butuh usaha ekstra. Anda harus lebih banyak berpartisipasi dalam acara sosial yang saat ini banyak diadakan secara virtual.

Usaha ekstra ini yang akan membawa Anda pada jaringan pertemanan baru, sekaligus menguatkan ikatan pertemanan yang sudah lama.

Sebuah studi dalam Journal of Social and Personal Relationship menunjukkan bahwa mereka yang berpikir persahabatan terjadi karena keberuntungan ternyata lebih kesepian daripada mereka yang percaya persahabatan membutuhkan usaha.

3. Menjaga persahabatan yang telah terjalin

Selain menambah teman baru, penting juga untuk menjaga persahabatan yang sudah terjalin. Jangan sungkan untuk mulai menghubungi teman lama.

Anda bisa menyapa melalui media sosial, memuji unggahannya, dan mulai berinteraksi dengan teman lama.

4. Perluas definisi teman

Anda mungkin hanya berteman dengan orang seusia, orang yang punya hobi dan minat yang sama, atau orang dari kalangan tertentu. Padahal teman bisa jadi siapa saja, tidak terikat pada usia, jenis kelamin, atau pekerjaannya.

Jika ingin punya teman baru, perluas definisi teman Anda dan jalin hubungan dengan banyak orang. Buka diri Anda untuk mulai berbicara atau mendengarkan orang lain.

Itulah cara agar lebih mudah berteman di usia dewasa yang bisa Anda terapkan di kehidupan.

Related

Tips 1542944633453426553

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item