Perbedaan Paru-paru Orang yang Telah Mendapat Vaksin Covid-19 dan yang Belum


Naviri Magazine - Viral foto paru-paru pasien COVID-19 setelah disuntik vaksin Sinovac, Astrazeneca, dan Pfizer. Foto itu beredar di media sosial, yang menunjukkan perbedaan pasien Covid-19 yang belum divaksin dan sudah divaksin.

Foto tersebut diunggah oleh seorang dokter bernama dr Anne Gabriel-Chan di media sosial Facebook. Dalam foto tersebut, dokter itu membandingkan hasil dari kedua paru-paru yang ternyata terlihat nyata perbedaannya.

Lantas dr Anne Gabriel-Chan memperlihatkan kondisi paru-paru orang yang sudah mendapat vaksin Sinovac, Astrazeneca, hingga Pfizer. Menurut dr Anne Gabriel-Chan, tiga di antara foto rontgen yang dibagikannya memiliki kasus ringan hingga tanpa gejala karena sudah divakin.

Sementara itu, satu foto rontgen paru-paru milik pasien, ia mengalami sesak napas dan dirawat di ruang intensif care unit (ICU), karena ia tak divaksin.

Diketahui, dr Anne Gabriel-Chan adalah dokter yang bertugas di Rumah Sakit Umum dan Pusat Medis China. Dia mengingatkan masyarakat untuk mendapatkan vaksin apa pun yang tersedia.

"Ya, Anda masih bisa terkena Covid-19 meski sudah divaksinasi lengkap, tetapi sebagian besar mengalami gejala ringan." tulisnya.

Sebelumnya, seorang dokter asal Amerika Serikat, dr Faheem Younus juga memberikan contoh foto dari kondisi paru-paru manusia sebelum dan sesudah divaksin Covid-19.

Dalam postingan yang ia unggah di media sosial Twitter, sang dokter memberikan dua gambar yang membandingkan kondisi paru-paru sebelum dan setelah divaksin Covid-19.

Hasilnya jelas sungguh mencengangkan. Hasil rontgen paru-paru yang sudah divaksin Covid-19 jauh lebih bersih daripada yang belum divaksin.

dr Faheem, yang juga merupakan seorang dokter ahli penyakit dalam dan menular, itu menjelaskan, siapapun memang bisa terpapar Covid-19 setelah divaksin, tetapi efek yang ditimbulkan sangat jauh berbeda.

"Anda bisa terkena Covid setelah vaksinasi, tetapi biasanya penyakit ringan," tulis dr Faheem Younus.

Related

Health 6794303707100669469

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item