Ini 6 Makanan yang Bisa Membantu Meningkatkan Kecerdasan Otak


Naviri Magazine - Tingkat kecerdasan seseorang bisa dipengaruhi berbagai faktor, dari faktor keturunan, lingkungan, ketekunan belajar, hingga makanan yang dikonsumsinya. Karenanya, upaya meningkatkan kecerdasan pun bisa ditempuh dengan beragam cara. 

Untuk mendukung upaya itu, berikut ini makanan-makanan sehat yang dapat membantu Anda meningkatkan kecerdasan otak.

Kenari

Kenari punya wujud yang sekilas tampak mirip otak. Tapi bukan itu yang menjadikan kenari dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak. Kenari mengandung omega-3. Zat tersebut—juga kandungan antioksidan lain dalam kenari—dapat mengurangi peradangan otak. Bahkan, kenari bisa melindungi otak dari penyakit demensia dan Alzheimer.

Buah beri

Buah beri mengandung antioksidan yang dapat mengurangi tingkat stres seseorang. Sama seperti kenari, buah beri juga dipercaya bisa mencegah Alzheimer. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa blueberi dapat meningkatkan memori dan kognisi otak. Selain itu, blueberi juga memperlambat penuaan.

Bayam

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dapat memperlambat penurunan kognisi akibat penuaan. Hal itu disebabkan karena tingginya kadar folat pada bayam. Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak sayuran, umumnya cenderung memiliki kemampuan otak yang lebih baik dalam hidupnya.

Wortel

Wortel mengandung senyawa yang disebut luteolin, yang berfungsi mengurangi peradangan otak. Di samping mengurangi peradangan, para ilmuwan juga percaya luteolin dapat membantu mengurangi penurunan memori yang berkaitan dengan usia. Selain dalam wortel, luteolin juga terdapat pada paprika dan seledri.

Ikan

Ikan, terutama salmon, adalah salah satu sumber alami terbaik omega-3, yang benar-benar penting untuk fungsi otak. Omega-3 juga memiliki sifat anti-inflamasi. Kandungan tersebut juga dapat mencegah demensia, dan membantu memperlambat penurunan kognisi akibat penuaan.

Kafein

Dalam jangka pendek, kafein bisa meningkatkan kemampuan otak. Secangkir kopi atau teh bisa dengan cepat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang, karena kafein akan meningkatkan konsentrasi. 

Namun, meski begitu, sebaiknya hindari konsumsi kafein untuk jangka waktu yang panjang. Banyak penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kafein dalam jangka panjang justru akan memperburuk kondisi kesehatan.

Related

Health 1529992852776506815

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item