Kisah Orang-orang yang Kaya Mendadak karena Ambergris, Muntahan Ikan Paus


Naviri Magazine - Kaya mendadak dengan membeli lotere mungkin harapan banyak orang. Karenanya, banyak pula orang yang mencoba peruntungan dengan sering membeli lotere, tentu dengan harapan mendapat kemenangan yang bisa menjadikannya kaya mendadak. Namun, di luar urusan lotere, orang sebenarnya bisa pula kaya mendadak dengan cara lain. Menemukan ambergris adalah salah satunya.

Apa itu ambergris?

Ambergris adalah materi yang dikeluarkan paus di lautan, yang sering disebut muntahan paus. Meski hasil muntahan hewan, namun ambergris memiliki harga sangat mahal, sehingga orang yang menemukannya bisa mendapatkan banyak uang. Apalagi jika ambergris yang ditemukan cukup banyak, hampir bisa dipastikan si penemu akan kaya mendadak.

Di Inggris, pasangan suami-istri Gary dan Angela Williams mendapatkan sekitar 50.000 poundsterling (Rp887 juta) setelah menemukan 1,57 kg ambergris di Morecambe Bay.

Kemudian, seorang pelajar Inggris berusia 8 tahun menemukan ambergris seberat 589 gram dalam pasir, yang bernilai sekitar US $63.000 (Rp852 juta pada kurs saat ini). Pada 2013, Tech Times mengabarkan 2,7 kg ambergris ditemukan di dekat Morecambe Bay, dihargai 120.000 poundsterling, lebih dari Rp2,1 miliar pada kurs saat ini.

Dua tahun lalu, 1,1 kg ambergris yang ditemukan di Pantai Anglesey, Wales, dibeli 11.000 poundsterling (Rp195,3 juta dengan kurs saat ini) dalam sebuah pelelangan di Macclesfield, Cheshire, seperti dilansir BBC.

Di Indonesia juga ada kisah serupa. Sukadi, seorang nelayan dari Bengkulu, menemukan ambergris berserak di tengah laut, saat ia sedang mencari ikan bersama rekan-rekannya. Sempat mengira objek yang berserak itu limbah, Sukadi dan teman-temannya mengumpulkan sekitar 200 kg benda tersebut, dengan maksud membersihkan laut dari sampah.

Namun, setelah tiba di darat dan mencari ihwal benda tersebut di YouTube, Sukadi langsung yakin bahwa objek yang ditemukannya adalah ambergris yang berharga mahal. Sukadi akan kaya mendadak jika ambergris yang ditemukannya itu bisa terjual semua. Bukan hanya kaya mendadak, ia bahkan berpotensi menjadi miliuner baru.

Related

World's Fact 1231127553046465791

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item