Mengenali Kapan Wiper Mobil Harus Diganti, dan Cara Mudah Mengganti Wiper


Naviri Magazine - Memelihara kendaraan tercinta ternyata tidak hanya dengan cara membawanya ke bengkel secara berkala atau bila terdapat kerusakan saja. Untuk menghemat pengeluaran Anda, beberapa kerusakan kecil atau perawatan sederhana dapat Anda lakukan sendiri di rumah. 

Mengganti wiper, misalnya. Selain mudah dikerjakan, mengganti wiper hanya memerlukan waktu beberapa menit. Berikut ini hal-hal yang bisa diperhatikan untuk mengganti wiper:

Tentunya Anda dapat menangkap dengan jelas tanda-tanda kapan Anda harus mengganti wiper mobil Anda.

Biasanya, mobil-mobil mempunyai blade wiper yang ditekan pada shaft. Anda cukup menggunakan obeng untuk melepasnya.

Penggantian wiper harus dilakukan ketika wiper tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, per atau pivot yang sudah aus atau rusak.

Sebelum melakukan penggantian wiper, Anda harus mengetahui lebih dahulu jenis wiper yang terdapat pada kendaraan Anda. Sebab, pada beberapa jenis mobil tertentu, penggantian wiper memerlukan alat khusus.

Pada dasarnya, jenis wiper terdiri dari dua buah. Pertama, wiper yang memiliki semacam knop plastik berwarna merah atau hitam dan letaknya kurang lebih sepertiga jarak angka tersebut. Untuk melepaskan wiper jenis ini, tekan knop ke bawah, maka blade karetnya dapat Anda geser dari klip rangkanya. 

Sedang jenis yang kedua adalah jenis wiper dengan model yang lebih mutakhir. Wiper model ini terdiri dari polukarbonat dan mempunyai mekanisme kunci yang sederhana. Mekanisme kunci yang sederhana ini memungkinkan ujung blade dapat dilengkungkan ke bawah, lepas dari lekukan yang menahan klip dari rangkanya, sehingga blade-nya dapat dilepas dan digeser dari rangka.

Untuk memasang kembali wiper dengan yang baru, cukup geser wiper blade dari karet yang baru pada rangka wiper.

Kemudian, lakukan prosedur melepas wiper dengan arah sebaliknya.

Hal penting yang juga harus Anda ingat, apapun jenis wiper yang dipakai, Anda tak boleh lupa memasang klip yang terdapat pada wiper.

Setelah itu, periksa alat pengunci, apakah sudah terpasang dan bekerja dengan baik, sehingga wiper yang baru Anda pasang ini tidak terjatuh.

Jika Anda kurang baik memasangnya, kemungkinan besar klip wiper akan menggores kaca mobil Anda.

Related

Tips 4632478862490502023

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item