Meski Sulit Dikuasai, 5 Skill Ini Bakal Terpakai Terus Sampai Nanti


Naviri Magazine - Dalam belajar, tak hanya proses pembelajaran itu sendiri yang penting, apa yang dipelajari pun perlu dipertimbangkan. Mengingat dunia yang terus berubah, akan sangat menguntungkan buatmu jika mampu menguasai kemampuan yang akan terus terpakai.

Di bawah ini beberapa contoh skill yang sulit untuk dipelajari, tapi harganya sepadan bagi kemajuan hidup. Apa saja?

1. Mengelola waktu secara efektif

Kamu mungkin pernah mengalami, merasa sibuk, tapi ternyata setelah dievaluasi, pekerjaanmu belum juga ada yang beres? Hal tersebut menandakan bahwa pengelolaan waktu belum dilakukan dengan efektif. Terlihat sibuk, tapi sebenarnya gak produktif.

Inilah pentingnya membagi tugas ke dalam kategori ‘penting-mendesak’, dan ‘penting-tak mendesak’. Agar kamu gak salah pilih tugas apa yang harus diselesaikan duluan.

2. Mengatakan “tidak”

Meskipun sekilas tampak sepele, tapi masih banyak orang yang kesulitan menguasai kemampuan ini. Terutama bagi mereka yang sering merasa gak enakan.

Kalau kamu sudah menguasai skill yang satu ini, hidup jadi minim stres dan kelelahan. Karena kamu jadi bisa fokus mengenai hal-hal yang penting dalam hidupmu. Sementara perkara-perkara lain yang sebenarnya cuma jadi distraksi, bisa kamu abaikan atau tolak dengan tegas.

3. Berusaha selalu positif

Kondisi mentalmu akan selalu diuji dengan berbagai hal yang tak berjalan sesuai rencana. Di sinilah kamu ditantang untuk mampu bersikap positif. Bagaimana caranya, meski kondisi sudah begitu sulit, tapi kamu tetap mampu melihat solusi, atau bahkan peluang.

Dan ini bukanlah hal yang mudah. Karena bisa saja kamu sudah positif, tapi lingkungan malah sebaliknya. Selalu mengajakmu melihat segalanya dari kacamata buram.

4. Skill empati

Empati gak hanya bisa menjadikanmu manusia yang sesungguhnya, dengan rasa peduli terhadap sekitar. Kemampuan berempati juga sangat berguna ketika diaplikasikan pada bidang profesi.

Dengan empati, kamu jadi lebih peka terhadap kebutuhan klien atau konsumen, dan ini yang bisa membuat produk serta jasamu lebih unggul. Adanya empati yang tinggi, juga mampu membuatmu berkomunikasi dengan tepat saat berhadapan dengan rekan bisnis, atau rekan kerja. Pemilihan kata seperti apa yang tepat, sehingga tak menyinggung siapa pun.

5. Mengelola keuangan

Di antara kamu mungkin pernah bertanya-tanya, kenapa orang yang begitu kaya raya, bisa jadi begitu miskin. Emang itu duit dikemanain, sampai kondisinya begitu rupa.

Tiap orang bisa saja menghasilkan uang banyak, tapi gak semuanya mampu mengelola uang dengan baik. Dan ini yang menyebabkan banyak orang yang sebenarnya sudah bergaji besar, tapi menabung saja sulit. Ketika di-PHK, keuangan langsung collapse.

Hal tersulit dari mengelola keuangan dengan tepat, adalah menahan hasrat untuk belanja dan bersenang-senang. Apalagi kita hidup di tengah kemudahan pembayaran segala sesuatu dengan kredit. Kalau tidak hati-hati, uangmu bisa habis hanya untuk bayar cicilan gaya hidup.

Beberapa skill di atas memang sulit untuk dikuasai, tapi manfaatnya gak akan lekang oleh waktu. Selalu terpakai!

Related

Tips 5518712169430694904

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item