Sejarah dan Asal Usul Library of Congress, Perpustakaan Terbesar di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Library of Congress atau Perpustakaan Kongres adalah perpustakaan yang ada di Amerika Serikat, yang menjadi perpustakaan kebanggaan negara itu. Pasalnya, Library of Congress tidak hanya menjadi perpustakaan terbesar dan terlengkap di Amerika, namun juga di dunia. 

Hal itu tentu tak bisa dilepaskan dari lengkapnya koleksi yang ada di sana, sekaligus proses pengembangannya yang telah berlangsung ratusan tahun.

Semuanya diawali pada suatu malam, bulan Juni 1790. Waktu itu, Thomas Jefferson menjadi tuan rumah pesta makan malam, yang kelak jadi bagian penting dalam sejarah Amerika Serikat (AS). 

Di malam itu, lewat kesepakatan antara dirinya dan James Madison serta Alexander Hamilton (ketiganya termasuk founding father AS), diputuskan bahwa ibu kota bakal dipindah dari Philadelphia ke Washington, distrik baru sumbangan negara bagian Maryland dan Virginia, yang terletak di sepanjang Sungai Potomac. 

Sejak kesepakatan itu, infrastruktur pendukung mulai dibangun, termasuk US Capitol yang dirancang sebagai kantor Kongres. Di sana juga didirikan ruang khusus untuk difungsikan sebagai perpustakaan. 

Perpustakaan itu dinamai Library of Congress, atau yang kini juga dikenal sebagai perpustakaan nasional AS. 

Sebagaimana namanya, Library of Congress didirikan untuk melayani kebutuhan informasi para anggota Kongres. Dalam kajian ilmu perpustakaan, bibliotek dengan pengguna spesifik ini masuk dalam kategori "perpustakaan khusus". 

Karena didirikan bersamaan dengan keputusan untuk memindahkan ibu kota, Library of Congress disebut sebagai "institusi kultural tertua" di Washington. 

Mengapa perpustakaan yang didirikan pertama kali di luar institusi pemerintahan? Kenapa bukan yang lain? 

Sebab, sebagaimana ditulis di situs resmi Library of Congress, "sebagian besar anggota Kongres AS, yang bertemu pertama di New York City dan Philadelphia [adalah] pembaca yang rajin." 

Selain itu, "di kedua kota itu [New York City dan Philadephia], mereka memiliki akses ke perpustakaan yang cukup besar: New York Society Library dan the Free Library of Philadelphia." Privilese itu yang ingin dipertahankan. 

Keputusan resmi pemindahan ibu kota dan pendirian perpustakaan ini, setelah beberapa infrastruktur telah berdiri, tertuang dalam The Act of Congress yang diteken pada 24 April 1800, oleh John Adams, ketika itu menjabat sebagai Presiden ke-2 AS. 

Bersamaan dengan perintah pendirian perpustakaan, John Adams juga setuju untuk mengalokasikan dana sebesar US$5.000 untuk membeli buku-buku. Ada 740 volume buku dan beberapa peta yang dibeli dari Inggris. Koleksi pertama ini datang pada 1801. 

Thomas Jefferson, Pendiri Spiritual Library of Congress

Meski John Adams yang memerintahkan pendirian perpustakaan sekaligus menyetujui anggaran untuk pengadaan koleksi pertama, namun Thomas Jefferson lebih berjasa dalam mengembangkan perpustakaan ini. Jefferson adalah pengganti John Adams. Ia menjabat presiden ke-3 AS sejak 4 Maret 1801. 

John Y. Cole, dalam The Library's Jeffersonian Legacy, mengatakan Jefferson sebetulnya adalah "pendiri spiritual" Library of Congress. 

Suatu ketika, Jefferson pernah bilang, "Warga yang berpengetahuan adalah jantung dari demokrasi yang dinamis." Ia menganggap perpustakaan adalah bagian sentral bagi pembangunan bangsa dan demokrasi yang sehat. Oleh karena itu, Kongres harus dapat asupan informasi dan pengetahuan yang memadai dari sana. 

Salah satu kebijakan penting yang ia ambil, sekaligus menjadi tonggak penting dimulainya hubungan erat antara presiden AS dan perpustakaan, adalah menunjuk langsung orang untuk mengelola perpustakaan itu. Jefferson mengangkat John J. Beckley (aktif pada 1802-1807) sebagai pengelolanya. John sekaligus menjadi pustakawan Library of Congress yang pertama.

Sepanjang menjabat, Jefferson juga kerap merekomendasikan buku-buku yang menurutnya bagus agar dibeli. 

Baca lanjutannya: Sejarah dan Asal Usul Library of Congress, Perpustakaan Terbesar di Dunia (Bagian 2)

Related

History 8462986987699310367

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item