Aneka Ide Usaha Rumahan dengan Modal Minim dan Hasil Menjanjikan (Bagian 1)


Naviri Magazine - Pandemi telah membuat banyak orang harus membatasi aktivitasnya dan lebih banyak menetap di rumah. Agar lebih produktif, saat ini banyak orang yang sedang mencari ide-ide usaha rumahan yang minim modal tapi menguntungkan.

Selain itu, membuka usaha rumahan dapat memberikan pemasukan tambahan. Ide-ide usaha seperti ini kerap dilirik dan dijadikan salah satu cara untuk menghasilkan pendapatan lebih, mulai dari ibu rumah tangga, pegawai kantoran, hingga mahasiswa rela menekuninya.

Bukan tidak mungkin bila usaha rumahan yang ingin kamu buka malah menjadi peluang usaha yang menjanjikan dengan keuntungan menarik. Nah, bagi yang mau mulai usaha, berikut beberapa usaha yang bisa kamu jalankan dari rumah dengan modal minim.

1. Dropshipper

Ada yang sebelumnya pernah dengar istilah yang satu ini? Dropshipper itu beda dengan jadi pedagang atau reseller.

Dropshipper adalah orang yang bertindak layaknya agen dengan menjual barang tanpa perlu membeli terlebih dahulu barang yang dijualnya.

Ilustrasinya begini. Misalnya, kamu adalah dropshipper dari produk kecantikan. Suatu ketika pembeli A memesan produk kecantikan lewat kamu. Pesanan si A kemudian kamu teruskan ke penjual C. Begitu penjual C menerima pesanan, ia menyiapkannya dan mengirimnya ke pembeli A cuma pakai nama kamu.

2. Jastip

Buat yang getol banget main Instagram, pasti beberapa kali pernah lihat akun yang menawarkan jasa titip alias jastip online.

Buat kamu yang belum tahu, jastip ini bisa dibilang mirip-mirip dengan dropshipper. Intinya, jastip adalah terobosan baru dalam berbisnis dengan menawarkan jasa belanja. Kamu bakal diupah karena membelikan barang orang. Dari sana keuntungan didapat.

3. Social Media Influencer

Social media influencer adalah figur di media sosial yang bisa mempengaruhi para pengguna sosial media lainnya lewat postingan-postingan yang mereka buat.

Gimana ciri-ciri social media influencer? Pertama, pasti punya followers yang banyak, minimal tiga ribu. Kedua, setiap posting dapat banyak like, respons, atau share.

Dari mana kerjaan ini menghasilkan uang? Ya banyak dong, yang paling gampang tentu aja dari endorse.

4. Vlogger

Ini juga bisa jadi bisnis online tanpa modal yang menjanjikan. Buktinya rata-rata yang menjadi vlogger punya penghasilan lebih dari UMR.

Bayaran vlogger sendiri bervariasi. Namun, rata-rata vlogger bisa mengantongi dua digit per bulan.

Mereka memperoleh pendapatan tersebut dengan meng-endorse produk atau jasa ke dalam video yang mereka buat. Belum lagi ditambah iklan-iklan atau adSense yang terpampang di video mereka.

5. Jasa Membuat Situs

Bisnis online terpercaya lainnya bisa dilakukan tanpa modal dengan mengandalkan jasa yang kamu tawarkan, lho! Yaitu jasa membuat website atau situs. Kebiasaan orang-orang zaman sekarang yang mengandalkan Internet buat dapatkan informasi jadi pendorong individu atau perusahaan buat punya website sendiri.

Nggak sedikit di antara mereka yang bingung atau pengin praktisnya aja buat memiliki website. Makanya mereka butuh yang namanya jasa pembuat website. Kalau kamu emang kebetulan punya skill buat website, nggak ada salahnya nih menjadikan ini sebagai ide bisnis online tanpa modal.

Sebagai gambaran, bikin website secara keseluruhan dihargai mulai Rp 500 ribu hingga lebih Rp 10 juta, tergantung fitur-fitur yang ditawarkan. Fitur-fiturnya mulai dari desain, jumlah halaman, statistik website, dan lain-lainnya.

6. Konsultan

Kamu memiliki suatu keahlian yang layak untuk dibagikan ke orang-orang banyak? Buka jasa konsultan online saja. Misalnya kamu seorang arsitek, kamu bisa membuka jasa konsultasi terkait desain eksterior sebuah hunian.

Contoh lainnya, misalnya kamu pakar SEO, kamu bisa membagikan ilmu yang kamu miliki ke perusahaan-perusahaan yang baru merintis dan ingin meningkatkan brand mereka di dunia maya. Modal untuk membuka bisnis konsultan ini nggak mahal kok, cuma butuh laptop dan jaringan internet saja. Terus bagaimana cara promosinya?

Promosikan keahlian kamu itu di media sosial, dan jangan lupa cantumkan portofolio klien-klien yang sukses kamu berikan arahan. Untuk dunia profesional ini, kamu bisa mencantumkan daftar kesuksesanmu itu di LinkedIn.

7. Desain Grafis

Jika kamu memiliki keahlian menggambar yang oke, kenapa tidak buka jasa desain grafis? Apalagi kalau itu hobi kamu. Menjalankan bisnis yang merupakan hobi, bakal terasa ringan dijalani.

Banyak hal yang bisa kamu kerjakan bila menjadi desain grafis, mulai dari mendesain website, mendesain undangan, logo perusahaan, brand, brosur, dan lain-lain. Bayarannya tergantung dari tingkat kesulitan desain tersebut. Tapi yang jelas bayaran untuk sebuah kreativitas itu besar lho, bisa jutaan sampai puluhan juta!

Baca lanjutannya: Aneka Ide Usaha Rumahan dengan Modal Minim dan Hasil Menjanjikan (Bagian 2)

Related

Tips 1788662866621357252

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item