Aneka Ide Usaha Rumahan dengan Modal Minim dan Hasil Menjanjikan (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Aneka Ide Usaha Rumahan dengan Modal Minim dan Hasil Menjanjikan - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

8. Penulis Lepas

Semua bisnis kini sudah banyak yang beralih ke digital. Mereka membutuhkan sebuah tulisan untuk menjual produk atau sekadar mempromosikannya. Nah oleh sebabnya, kenapa sekarang pekerjaan menjadi seorang penulis sangat dicari.

Kalau kamu lihat banyak perusahaan besar yang membuka lowongan untuk content writer, atau copywriter. Tapi bagaimana dengan perusahaan-perusahaan kecil yang dana operasionalnya terbatas? Salah satu pilihan mereka adalah membayar jasa penulis lepas.

9. Admin Media Sosial

Jago merangkai kata-kata? Kamu mungkin cocok untuk menjadi admin media sosial. Sama kayak menjadi penulis, jasa admin media sosial kini juga sedang banyak dicari, hal ini karena semua bisnis sudah menjadikan media sosial sebagai media mereka memasarkan produknya.

10. Jasa Terjemahan

Punya kemampuan bahasa asing yang mumpuni? Sayang banget deh kalau dianggurin. Mendingan dipakai buat jual jasa terjemahan, dijamin bakal menghasilkan duit.

Sekarang makin banyak yang butuh jasa translate. Soalnya selain banyaknya perusahaan asing yang investasi di sini, nggak sedikit juga orang-orang Indonesia yang pengin luaskan bisnisnya ke luar negeri. Supaya lancar, mereka perlu jasa translator buat menerjemahkan dokumen-dokumen mereka.

Selain itu, di tengah era globalisasi saat ini, banyak film-film luar negeri yang bisa kita saksikan dari rumah. Dengan begitu jasa terjemahan ini dapat digunakan untuk menerjemahkan percakapan dalam film tersebut dan mengubahnya menjadi subtitle. Mulai kebayang kan peluang dari jasa terjemahan ini?

Nggak cuma itu, bayaran bahasa tertentu, semisal bahasa Mandarin lebih mahal ketimbang bahasa Inggris. Sebab mereka yang memahami bahasa Mandarin masih minim.

11. Joki Game

Main game, selain menyenangkan juga menghasilkan lho. Nggak percaya? Bayaran buat menjadi joki game Mobile Legends aja bisa mencapai Rp 21 juta.

Kamu pasti heran kenapa bayaran main game bisa sefantastis itu. Asal kamu tahu, Mobile Legends ini bisa dibilang lebih fenomenal dari game-game lainnya. Dari anak-anak hingga orang dewasa main game yang satu ini.

Karena begitu populernya, gengsi pun turut dipertaruhkan di sini. Makin tinggi rank si pemain, makin tinggi gengsinya. Makanya banyak yang pakai jasa joki buat bikin rank setinggi-tingginya.

12. Jasa Tutor Online

Bisnis online tanpa modal yang satu ini bukan berarti benar-benar tanpa modal, ya. Melainkan kamu butuh keahlian mengajar dan juga pengetahuan mumpuni.

Jasa tutor online bisa dilakukan baik secara individu maupun berkelompok. Jangan khawatir, sudah tersedia banyak platform yang mendukung bisnis ini, misalnya SnapAsk dan Superproof.

Selain itu kamu bisa melaksanakan tutor online ini menggunakan aplikasi conference call seperti Zoom, Microsoft Teams, atau Google Meet.

13. Warung Kopi dan Warung Makan

Warung kopi dengan modal Rp 3-4 jutaan sudah bisa dijalankan. Apalagi kalau di dalamnya tersedia juga menu Indomie telor dan kornet, pasti bisa makin laris.

Membuka usaha ini di rumah tentu cukup menguntungkan. Selain biayanya murah dan tak perlu sewa tempat, bahan bakunya juga sangat mudah dicari. Cara pemasarannya pun cukup mudah.

Bisnis Rumahan berupa warung makan atau kopi rumahan tentu merupakan ide yang menjanjikan. Terutama jika memiliki rumah terletak di dekat perkantoran, mengingat banyak sekali karyawan yang kebingungan cari makan siang.

14. Kuliner Bakso, Bubur Ayam, Gado-gado

Kuliner ini juga selalu ada di mana-mana, tak hanya di kota besar, karena bakso juga merupakan kuliner khas Indonesia, maka wajar saja jika menjadi salah satu peluang usaha. Membuka lapak bakso bisa dimulai dari garasi ataupun di teras rumah.

Jualan dengan gerobak juga bisa menjadi opsi. Modal lengkap untuk gerobak dengan roda untuk berjualan keliling biasanya seharga Rp1,3 jutaan. Sementara itu, biaya untuk membeli bahan baku dan peralatan juga cukup dengan uang Rp2 jutaan, dan peralatan makan Rp700 ribuan juga cukup.

Modal usaha bubur ayam juga tidak mahal, mirip-mirip dengan bakso. Bermodalkan Rp 3,8 juta sudah bisa dapat dandang stainless, kompor gas, regulator, tabung, beras putih 5 kilogram, bumbu, daging ayam, serta peralatan makan.

15. Agen Asuransi Online

Profesi agen atau mitra asuransi kian populer, apalagi pengetahuan masyarakat atas pentingnya asuransi semakin meningkat, sehingga minat masyarakat dalam produk asuransi ini juga bertumbuh pesat.

Banyak agen asuransi yang sukses mengantongi puluhan juta rupiah setiap bulannya sebagai komisi saat sukses menjual produk asuransi untuk melindungi nasabahnya dari resiko finansial.

Pekerjaan ini juga kian populer karena waktu kerja yang fleksibel dan tanpa komitmen. Semakin banyak produk yang terjual dan semakin banyak rekan yang bergabung menjadi mitra, semakin banyak pula uang yang dikantongi. Modal yang keluar pun tak besar.

Dari 15 usaha rumahan di atas, mana yang bikin kamu tertarik? Selamat mencoba ya!

Related

Tips 7469237199052137689

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item