Bermodal Google Translate, Seller Lokal Bisa Jualan Keliling Dunia


Naviri Magazine - Perbedaan bahasa tak lagi menjadi penghalang bagi seseorang untuk menjual barang ke luar negeri. Seperti yang dibuktikan oleh Zulfi Suhendra, pria yang memiliki pekerjaan sampingan berjualan koleksi jaket bertema militer. Pelanggannya sudah merambah sampai ke Taiwan dan Italia. Padahal dia tak bisa berbahasa kedua negara tersebut.

Kendala bahasa dia akali dengan memanfaatkan layanan translator online seperti Google Translate. Cara tersebut efektif karena dia mengaku tak ada kendala saat melakukan percakapan dengan konsumen.

"Ini kan pasar saya ya, ini kesempatan saya untuk merambah ke luar negeri, saya nggak ngomong 'sorry saya nggak ngomong bahasa Italia' saya nggak ngomong kayak gitu, saya copy apa maksudnya dia, saya copy ke Google Translate, oh dia ternyata minat sama jaket saya. Akhirnya sampai sekarang dia ngomongnya bahasa Italia terus," katanya.

Terkadang, Zulfi bahkan menyampaikan kepada konsumennya bahwa dia menggunakan Google Translate saat melakukan percakapan. Si konsumen pun tak mempermasalahkan hal tersebut.

Dia juga memanfaatkan Google Translate saat membeli jaket bekas dari luar negeri. Jadi jaket-jaket yang dia jual, dia dapatkan dari beberapa negara, terutama Thailand dan Malaysia. Zulfi mencari barang sampai ke negeri seberang karena pasokan di dalam negeri semakin langka. Proses pencarian barang pun dia memanfaatkan Google Translate.

Begitu mendapatkan barang yang diincar, dia langsung menghubungi penjualnya, tentunya masih menggunakan Google Translate karena perbedaan bahasa. Namun ada beberapa yang bisa mengerti bahasa Inggris sehingga proses transaksi jadi lebih mudah.

"Saat mereka nggak bisa bahasa Inggris sama sekali, saya pakai Google Translate lagi. Jadi saya ngomong pakai bahasa Inggris atau pakai bahasa Indonesia di Google Translate, ketik di Google Translate, saya translate langsung saya copy, saya masukin ke chat mereka. Mereka jawab apa, muncul jawabannya pakai tulisan-tulisan Thailand gitu, saya copy lagi, saya masukin Google Translate. Jadi percakapannya kayak gitu. Itu sangat-sangat membantu," tambah Zulfi.

Related

Business 123971899031873726

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item