Ini 6 Tanda yang Menunjukkan Tubuh Anda Tak Lagi Bugar


Naviri Magazine - Pandemi tentu saja berdampak pada kesehatan fisik dan mental. Sementara beberapa orang telah mengambil waktu ini untuk menjaga kesehatan diri sendiri, seperti olahraga, makan sehat, di sisi lain, ada juga yang menjadi lebih malas dan mengabaikan tubuh mereka.

Apakah Anda telah mendapatkan banyak berat badan atau tidak merasa seperti diri sendiri, itu semua dapat menunjukkan bahwa Anda keluar dari elemen fisik Anda dan perlu kembali ke jalurnya. Dari beralih ke olahraga hingga makan makanan yang sehat, semua hal ini dapat membawa perubahan positif pada tubuh dan pikiran Anda.

Namun sebelumnya, Anda perlu mengidentifikasi apakah Anda perlu melakukan perubahan sama sekali. Berikut adalah beberapa tanda yang memberi tahu Anda bahwa tubuh tidak bugar, seperti dilansir dari laman Times of India.

1. Terengah-engah pada gerakan sekecil apa pun

Orang yang bugar dan sehat sering kali lebih suka naik tangga daripada lift. Sebaliknya, ketika seseorang tidak bugar, mereka cenderung terengah-engah pada gerakan sekecil apa pun, sehingga lebih memilih menggunakan lift. 

Namun, mengingat pernapasan Anda menjadi berat hanya setelah beberapa kali berjalan dan menaiki tangga, Anda perlu memahami keseriusannya. Sudah saatnya Anda lebih aktif, lebih tertarik berolahraga dan makan makanan sehat dan rendah kalori.

2. Detak jantung istirahat Anda tinggi

Selain pernapasan Anda, detak jantung Anda juga dapat memberi tahu seberapa bugar Anda. Dengan bantuan jam tangan kebugaran, Anda dapat melacak kemajuan atau detak jantung Anda pada waktu tertentu. 

Jika Anda menemukan bahwa detak jantung Anda tinggi bahkan ketika Anda tidak bergerak dan tubuh Anda beristirahat, itu menunjukkan bahwa Anda tidak bugar. Ini berarti Anda cemas, dehidrasi, stres, dan/atau kurang tidur, yang semuanya merupakan tanda-tanda tubuh Anda tidak fit.

3. Lebih rentan cedera

Ketika tubuh Anda lemah dan Anda benar-benar tidak bugar, Anda jadi lebih rentan terhadap cedera. Anda akan sering mengalami sakit dan nyeri di punggung, bahu leher dan setiap bagian tubuh lainnya. 

Ini tidak boleh diabaikan dan Anda harus mulai melakukan olahraga teratur untuk menghindari kerusakan lebih lanjut. Ini juga akan memperkuat otot Anda dan membantu Anda dalam perjalanan penurunan berat badan Anda.

4. Susah tidur

Tidak cukup berolahraga, makan tidak sehat, dan stres dapat menyebabkan kurang tidur. Ini juga berarti Anda merampas semua hal baik dari tubuh Anda. Meskipun dampaknya mungkin lambat, tubuh Anda dapat mengalami risiko kesehatan kronis jika terus berlanjut. 

Ini juga dapat menyebabkan penambahan berat badan, karena tidur dan stres saling berhubungan, yang terakhir menghasilkan hormon yang dikenal sebagai kortisol, yang menyebabkan penambahan berat badan.

5. Ngidam makanan yang tidak sehat

Seringkali ketika Anda tidak aktif atau menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak, Anda mungkin konsumsi makanan yang tidak sehat. Mengidam junk food yang tidak dapat dijelaskan bisa sangat merugikan kesehatan Anda. 

Menurut para ahli, menjadi tidak aktif dan memiliki keinginan yang konstan untuk makan seringkali dapat memicu hormon yang disebut ghrelin, yang membuat Anda merasa lapar sepanjang waktu.

6. Didiagnosis obesitas

Salah satu indikator pasti dari tidak bugar adalah obesitas. Jika dokter Anda mengatakan bahwa Anda kelebihan berat badan, kemungkinan besar Anda tidak sehat dan tidak bugar. 

Menjadi gemuk menempatkan Anda pada risiko berbagai penyakit dan juga menghambat fungsi sehari-hari. Meskipun bisa menjadi masalah dalam jangka panjang, itu juga bisa dikelola melalui olahraga dan makan sehat.

Related

Health 5998319349175090825

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item