Kisah Pertempuran Selat Tsushima, Perang Dahsyat Pasukan Rusia Melawan Jepang


Naviri Magazine - Menurut Arts and Culture, pada tahun 1905 angkatan laut Rusia menempuh jarak 18.000 mil laut untuk menginvasi Jepang. Juga disebut 'Pertempuran Selat Tsushima' dan 'Pertempuran Laut Jepang', pertempuran itu merupakan kekalahan yang memalukan bagi Rusia karena perbedaan peran teknologi di abad ke-20

Menurut History, Rusia menolak saran Jepang untuk membagi Korea dan Manchuria menjadi wilayah strategis. Karena itu, pada bulan Februari 1904, Jepang melancarkan serangan mendadak terhadap armada angkatan laut Rusia di Port Arthur China. 

Ini adalah awal pertempuran Perang Rusia-Jepang. Rusia meremehkan kekuatan militer Jepang, yang telah mencetak banyak kemenangan atas bangsa Eropa. 

Menurut Britannica, pada 15 Oktober 1904, armada Baltik Rusia berlayar dari Liepaja. Kurang dari seminggu kemudian, kapal-kapal tersebut salah sasaran dengan menembaki kapal pukat Inggris, Rusia akhirnya meminta maaf kepada Inggris dan membayar kompensasi yang pantas.

Setelah tujuh bulan melakukan perjalanan, armada Rusia melakukan kontak dengan Laksamana Togo Heihachiro dari Jepang. Thought Co mengatakan bahwa Rusia memasuki Selat Tsushima dengan 11 kapal perang dan delapan kapal penjelajah, di mana Jepang sendiri memiliki empat kapal perang dan 27 kapal penjelajah. 

Sayangnya, teknologi Rusia jauh di belakang teknologi Jepang. Rusia pun kehilangan dua pertiga kapalnya dalam waktu dua hari. Rusia menyudahi perang dan menyiapkan panggung untuk revolusi Rusia 1905. 

Related

History 1333991585660816515

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item