Masih Muda tapi Bisa Hasilkan Rp 17 Miliar dari Podcast, Begini Caranya


Naviri Magazine - Steven Bartlett memperkirakan akan menghasilkan US$ 1,2 juta atau setara Rp 17,23 miliar (kurs Rp 14.365) tahun ini dari podcast-nya, "The Diary of a CEO". Pengusaha berusia 29 tahun itu menjelaskan bagaimana dia secara efektif memonetisasi podcast.

Dilansir dari CNBC, Bartlett telah membuat podcast "The Diary of a CEO" sekitar 4 tahun lalu dengan modal mikrofon seharga US$ 100 yang dicolokkan ke laptopnya. Sekarang podcast-nya disebut menjadi yang teratas di bisnis Eropa, dengan tamu bervariasi, mulai dari penyanyi Liam Payne hingga pendiri Monzo, Tom Blomfield.

Dalam episode terbarunya, Bartlett menjelaskan bagaimana dia berhasil membangun pengikut dan memberikan tips penting kepada podcaster pemula untuk bisa menghasilkan banyak uang seperti dirinya.

Bartlett menjelaskan, sebagian besar podcaster menghasilkan uang dari iklan di tengah episode. Biasanya ada agensi periklanan podcast yang bertindak sebagai perantara antara podcaster dan brand.

"Masalahnya adalah perantara mengambil bagian besar, potongan besar, dan brand membayar fixed fee per download, terlepas dari seberapa bagus pertunjukkan Anda, siapa Anda, atau seberapa berharga audiens Anda," katanya.

Cara tradisional memonetisasi podcast diakui tidak cukup baginya untuk menutupi biaya produksi, sehingga dia memutuskan memotong perantara dan menghubungi lima perusahaan yang disukai secara langsung. 

Bartlett mengirim presentasi singkat kepada CEO perusahaan-perusahaan tersebut dengan alasan mengapa mereka harus mensponsori podcast-nya, termasuk pertumbuhan audiens, dan rencananya untuk masa depan acara tersebut.

"Jarang seorang kreatif atau influencer menawarkan diri mereka ke sebuah brand, tetapi saya bersumpah jika Anda memiliki nyali, keterampilan, usaha, dan kerja keras untuk melakukan itu, Anda bisa mendapatkan penawaran luar biasa dan penawaran yang otentik untuk Anda," ujarnya.

Sampai saat ini acara Bartlett memiliki tiga sponsor utama, yakni brand nutrisi Huel, platform freelancer Fiverr, dan produsen produk energi terbarukan Myenergi. Dia memiliki kontrak 12 bulan dengan tiga sponsor tersebut.

Related

Money 8686411770325464839

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item