Pertempuran Dien Bien Phu, Kisah Perang Pasukan Vietnam Melawan Prancis


Naviri Magazine - Setelah kekuatan Poros dikalahkan dalam Perang Dunia II, Prancis terus beroperasi sebagai kekuatan kekaisaran di Indochina. Tetapi, Vietnam ingin merdeka. Hal ini menyebabkan Perang Indochina pertama pada tahun 1946. 

Prancis memasuki wilayah tersebut untuk kembali mengendalikan Vietnam. Setelah delapan tahun berperang, perang diakhiri dengan Pertempuran Dien Bien Phu. 

Menurut History, serangan terhadap Dien Bien Phu yang diduduki Prancis dimulai pada Maret 1954. Komandan Viet Minh, Vo Nguyen Giap, menempatkan pasukan dan artilerinya ke dalam gua-gua pegunungan yang menghadap ke kamp Prancis. Selama hampir dua bulan, pemboman dan kekuatan pasukan Vietnam terus-menerus melemahkan Prancis. 

Pada 7 Mei, perlawanan berakhir setelah terjadi serangan di pangkalan. Prancis hanya memiliki sekitar 3.000 tentara, sementara Vietnam memiliki 20.000 tentara di bawah komando Viet Minh. 

Alpha History melaporkan bahwa 3.500 dari 11.000 tentara Prancis ditempatkan di Dien Bien Phu selamat selama dua bulan. Pada Persetujuan Jenewa di bulan Juli, Prancis kehilangan klaimnya di Indochina, termasuk Vietnam, Laos, dan Kamboja.

Related

History 1440331033153400019

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item