Rutin Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari Ternyata Punya Banyak Manfaat


Naviri Magazine - Manfaat berjalan bagi kesehatan tubuh sudah tak diragukan lagi. Hanya butuh waktu jalan kaki 30 menit setiap hari secara rutin dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular, memperkuat tulang, mengurangi kelebihan lemak tubuh, dan meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot.

Tak hanya itu, dilansir dari situs betterhealth.vic.gov.au manfaat lainnya juga dapat mengurangi risiko kondisi seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, osteoporosis, dan beberapa jenis kanker. Tidak seperti beberapa bentuk olahraga lainnya, jalan kaki ini kegiatan tanpa biaya dan tidak memerlukan peralatan atau pelatihan khusus.

Olahraga berjalan ini sangat praktis, tidak memerlukan banyak peralatan, juga minim cedera dan resiko kesehatan otot. Berjalan merupakan bentuk aktivitas fisik yang bagus untuk mereka yang kelebihan berat badan, lanjut usia, atau yang sudah lama tidak berolahraga.

Supaya manfaat berjalan dapat maksimal, jadikan aktivitas fisik ini jadi strategi gaya hidup sehat yang menyenangkan, bisa dilakukan bersama keluarga, teman dan perkumpulan lainnya. Tak perlu rute jalan yang terlalu panjang, cukup berkeliling di sekitar kompleks tempat tinggal juga untuk waktu setengah jam bisa jadi alternatif.

Waktu untuk melakukan olahraga jalan kaki yang cocok bisa di pagi hari dan sore hari. Hal lain yang perlu dilakukan adalah pemanasan sebelum memulai berjalan, sebagai antisipasi cedera pada otot kaki.

Related

Health 541090966794105999

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item