Aneh Tapi Nyata, Wanita Ini Terinfeksi Covid-19 Selama Hampir Setahun


Naviri Magazine - Seorang wanita pasien kanker terinfeksi virus corona selama hampir satu tahun. Hal ini menjadikannya termasuk dalam kasus COVID-19 terlama yang pernah dilaporkan.

Dilansir Science Magazine, wanita berusia 47 tahun itu pertama kali dirawat di National Institutes of Health (NIH) di Maryland akibat Covid-19 pada musim semi tahun 2020.

Namun, infeksinya berlanjut selama 335 hari. Hasil tesnya juga berulangkali positif Covid-19 dengan gejala yang masih timbul, serta membutuhkan tambahan oksigen di rumah.

Meskipun tesnya menunjukkan positif, tingkat virus di tubuhnya hampir tidak terdeteksi selama berbulan-bulan setelah infeksi awalnya.

Kemudian, pada Maret 2021, tingkat virusnya melonjak lagi. Para peneliti membandingkan genom dari sampel yang dikumpulkan selama infeksi awal dengan yang lebih baru dan menemukan virusnya masih sama.

Dengan kata lain, pasien ini tidak terinfeksi ulang, tetapi terus menyimpan virus yang sama selama hampir satu tahun.

Dikutip dari Live Science, virus corona kemungkinan bisa bertahan lama di tubuh wanita itu karena sistem kekebalan tubuhnya yang terganggu akibat pengobatan limfoma atau kanker di bagian sistem kekebalan.

Dia pernah diobati dengan terapi sel CAR-T sekitar tiga tahun lalu, yang melemahkan sistem kekebalannya dengan menghabiskan sebagian besar sel B atau sel sistem kekebalan yang membuat antibodi.

Untungnya kini, sang wanita pasien limfoma itu telah sembuh dari Covid-19 dengan beberapa tes Covid-19 negatif sejak April lalu.

Related

News 6063360277919874569

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item