Apakah dengan Berhemat Akan Membuat Hidup Kita Selalu Bahagia?


Naviri Magazine - Di masa-masa sekarang, banyak hal yang berubah. Hadirnya teknologi baru membuat kebiasaan baru di masyarakat. Kini bukan hanya media sosial yang hadir di dunia maya, namun juga aplikasi seperti belanja online dan lain sebagainya. 

Di satu sisi mungkin patut kita syukuri, karena dengan hadirnya teknologi baru memudahkan pekerjaan banyak orang. Namun di sisi lain tentu ada dampak buruknya, seperti perilaku yang makin konsumtif, karena untuk belanja sekarang semakin mudah dan banyak promosi yang menarik banyak orang untuk lebih konsumtif dan terus belanja.

Di saat serba konsumtif saat ini, bersikap hemat menjadi pilihan penting. Terlebih bila saat kondisi keuangan terbatas, atau punya rencana jangka panjang. Tak heran bila ada yang mengatakan bahwa hemat pangkal kaya, atau dengan berhemat bisa membuat bahagia.

Lantas, apakah benar bersikap hemat akan membuat kita bahagia? Sepertinya menarik untuk kita bahas secara lebih detail. 

Sebagaimana kita ketahui, di masa kini hidup memang serba konsumtif, terlebih dengan hadirnya fitur belanja online membuat kehidupan banyak orang jadi makin konsumtif. Apakah hemat bisa membuat kita bahagia? jawabannya tentu saja tidak.

Hidup ini memang banyak hal yang menarik untuk dijalani, di tengah kondisi yang tak menentu inilah kadang memaksakan diri untuk hidup hemat. Hidup hemat memang membuat kita serba terbatas, namun di sisi lain akan membuat kita survive menjalani kehidupan yang tak menentu. Dengan berhemat, kita akan bisa merengkuh banyak hal dengan berbekal budget yang terbatas.

Hidup hemat memang bagus, namun hal ini belum tentu membuat kita bahagia. Berhemat boleh saja, namun jangan sampai berlebihan. Berhemat yang berlebihan inilah yang sering membuat orang tidak bahagia dalam menjalani hidupnya. Untuk itulah berhemat sewajarnya saja, dan tetap seimbang dalam hal apapun.

Berhematlah sewajarnya, karena diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita pun terkadang perlu kita bahagiakan, yang kadang tidak harus melulu hidup hemat. Hidup hemat yang sewajarnya saja, sesekali cobalah untuk menikmati hidup tanpa selalu mengedepankan hidup hemat. 

Hidup hemat memang tak selalu membuat kita bahagia, namun dengan hidup hemat membuat kita lebih siap menghadapi kehidupan yang serba tak menentu. 

Related

Psychology 3432827986534346370

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item