Memahami Penyebab Kecemasan dan Kegelisahan, Serta Cara Mengatasinya


Naviri Magazine - Jantung Anda berdetak lebih cepat merupakan respons tubuh terhadap situasi yang membuat stres. Atau mungkin, sebagai gantinya, telapak tangan Anda berkeringat ketika Anda dihadapkan dengan tugas atau peristiwa yang luar biasa.

Jika Anda belum mengenali pemicu stres Anda, berikut adalah beberapa hal umum yang biasa terjadi, seperti: hari pertama Anda di pekerjaan baru, bertemu keluarga pasangan Anda, atau memberikan presentasi di depan banyak orang. 

Setiap orang memiliki pemicu yang berbeda, dan mengidentifikasinya adalah salah satu langkah penting untuk mengatasi dan mengelola serangan kecemasan.

Mengidentifikasi pemicu stres dapat memakan waktu dan refleksi diri. Sementara itu, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencoba menenangkan diri dari kecemasan.

Cara mengatasi kecemasan dan kegelisahan

Jika kecemasan Anda bersifat sporadis dan menghalangi fokus atau tugas Anda, ada beberapa pengobatan homeopati cepat yang dapat membantu Anda mengendalikan situasi.

Jika kecemasan Anda terfokus pada situasi, seperti khawatir tentang peristiwa yang akan datang, Anda mungkin melihat gejalanya terjadi dalam waktu yang tidak lama, dan biasanya mereda setelah peristiwa yang diantisipasi terjadi.

Mengerti tentang pola pikir Anda

Pikiran negatif dapat berakar dalam pikiran Anda dan mengubah keparahan situasi. Salah satu caranya adalah dengan menantang ketakutan Anda, bertanya apakah itu benar, dan melihat di mana Anda dapat mengambil kembali kendali.

Berlatihlah untuk fokus, menarik napas panjang

Cobalah bernapas dalam 4 hitungan dan bernapas dalam 4 hitungan selama 5 menit total. Menjelang malam, Anda akan memperlambat detak jantung yang seharusnya membantu menenangkan Anda.

Gunakan aromaterapi

Baik itu dalam bentuk minyak, dupa, atau lilin, aroma seperti lavender, chamomile, dan cendana bisa sangat menenangkan. Aromaterapi dianggap membantu mengaktifkan reseptor tertentu di otak Anda, yang berpotensi mengurangi kecemasan.

Berjalan-jalanlah atau lakukan yoga selama 15 menit

Terkadang, cara terbaik untuk menghentikan pikiran cemas adalah berjalan menjauh dari situasi. Meluangkan waktu untuk fokus pada tubuh Anda dan bukan pikiran Anda dapat membantu meredakan kecemasan Anda.

Tuliskan isi pikiran Anda

Menuliskan apa yang membuat Anda cemas membuatnya keluar dari pikiran Anda dan membuatnya tidak terlalu menakutkan. Trik relaksasi ini sangat membantu bagi mereka yang mengalami kecemasan secara sporadis. Mereka juga dapat bekerja dengan baik dengan seseorang yang memiliki gangguan kecemasan umum (GAD) ketika mereka terikat juga!

Namun, jika Anda curiga Anda menderita GAD, metode penanganan cepat seharusnya bukan satu-satunya jenis perawatan yang Anda gunakan. Anda akan ingin menemukan strategi jangka panjang untuk membantu mengurangi keparahan gejala dan bahkan mencegahnya terjadi.

Strategi jangka panjang mengatasi kecemasan dan kegelisahan

Jika kecemasan adalah bagian rutin dari hidup Anda, merupakan hal penting untuk menemukan strategi perawatan untuk membantu Anda mengendalikannya. Ini mungkin kombinasi hal-hal, seperti terapi bicara dan meditasi, atau mungkin hanya masalah memotong atau menyelesaikan pemicu kecemasan Anda.

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, selalu bermanfaat untuk mendiskusikan opsi dengan profesional kesehatan mental yang mungkin menyarankan sesuatu yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya.

Identifikasi dan pelajari cara mengelola pemicu rasa gelisah Anda

Anda dapat mengidentifikasi pemicu sendiri atau dengan terapis. Terkadang pemicu ini bisa terlihat jelas, seperti kafein, minum alkohol, atau merokok. Di lain waktu hal – hal yang membuat Anda merasa cemas bisa kurang jelas.

Masalah jangka panjang, seperti situasi keuangan atau yang berkaitan dengan pekerjaan, mungkin perlu waktu untuk dipecahkan – apakah ini tanggal jatuh tempo, seseorang, atau situasinya? Ini mungkin memerlukan beberapa dukungan tambahan, melalui terapi atau dengan teman-teman.

Ketika Anda mengetahui pemicu Anda, Anda harus mencoba membatasi paparan Anda jika Anda bisa. Jika Anda tidak dapat membatasinya – seperti jika itu karena lingkungan kerja yang penuh tekanan yang saat ini tidak dapat Anda ubah – menggunakan teknik koping lain mungkin membantu.

Beberapa pemicu umum, seperti:
  • Pekerjaan yang penuh tekanan atau lingkungan kerja
  • Mengemudi atau bepergian
  • Genetika – kecemasan bisa muncul dalam keluarga Anda
  • Penghentian dari obat-obatan tertentu
  • Efek samping dari obat-obatan tertentu
  • Trauma
  • Fobia, seperti agoraphobia (takut ruang ramai atau terbuka) dan claustrophobia (takut ruang kecil)
  • Beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, atau asma
  • Sakit kronis
  • Mengalami penyakit mental lain seperti depresi
  • Kafein

Mengadopsi terapi perilaku kognitif (CBT)

CBT membantu orang mempelajari berbagai cara berpikir dan bereaksi terhadap situasi yang menyebabkan kecemasan. Seorang terapis dapat membantu Anda mengembangkan cara untuk mengubah pola dan perilaku pikiran negatif sebelum mereka berputar.

Lakukan meditasi harian atau rutin

Walaupun ini membutuhkan beberapa latihan untuk berhasil, meditasi yang penuh perhatian, ketika dilakukan secara teratur, pada akhirnya dapat membantu Anda melatih otak Anda untuk menghilangkan pikiran cemas ketika mereka muncul. Jika Anda merasa sulit untuk duduk diam dan berkonsentrasi, coba mulai dengan yoga.

Cobalah suplemen atau ubah diet Anda

Mengubah diet atau mengonsumsi suplemen jelas merupakan strategi jangka panjang. Penelitian menunjukkan suplemen atau nutrisi tertentu dapat membantu mengurangi kecemasan.

Ini termasuk: asam lemak omega-3, ashwagandha, teh hijau, akar valerian, kava kava, dan dark chocolate (asal tidak berlebihan).

Namun, itu bisa memakan waktu hingga tiga bulan sebelum tubuh Anda benar-benar menjalankan nutrisi yang diberikan oleh herbal dan makanan ini. Jika Anda minum obat lain, pastikan untuk mendiskusikan pengobatan herbal dengan dokter Anda.

Jaga kesehatan tubuh dan pikiran Anda

Berolahraga secara teratur, makan makanan seimbang, cukup tidur, dan tetap terhubung dengan orang-orang yang peduli dengan Anda adalah cara yang bagus untuk mencegah gejala kecemasan.

Tanyakan kepada dokter tentang obat-obatan

Jika kecemasan Anda cukup parah sehingga praktisi kesehatan mental Anda yakin Anda akan mendapat manfaat dari pengobatan, ada beberapa arah yang harus diambil, tergantung pada gejala Anda. Diskusikan kekhawatiran Anda dengan dokter Anda.

Related

Tips 784459389743213584

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item