Rihanna, Penyanyi dengan Lagu Digital Terlaris di Dunia


Naviri Magazine - Ada yang berubah dalam industri musik, khususnya dalam penyebaran atau penjualan lagu. Di masa lalu, musik dijual melalui keping-keping CD atau kaset. Namun, kini, seiring makin meluasnya ranah digital, musik diedarkan dan dijual dalam bentuk digital. Peminatnya bisa membeli lengkap satu album, atau hanya membeli lagu-lagu yang diinginkan, dengan cara men-download.

Dalam penjualan lagu-lagu melalui ranah digital, Rihanna tampaknya menjadi ratu di dunia. Lagu-lagunya menghasilkan jumlah penjualan luar biasa. Recording Industry Association of America (RIAA) pun mendapuk Rihanna sebagai penyanyi paling sukses di ranah digital.

Lagu Rihanna telah terjual 100 juta unit di ranah digital, berdasarkan sertifikat Gold dan Platinum yang sudah diperolehnya selama ini.

Sertifikat Gold diberikan setiap kali lagu atau album berhasil terjual 500.000 unit. Sementara plakat Platinum diberikan, jika angka penjualan single atau album mencapai 1 juta unit.

Penyanyi Taylor Swift menempati peringkat kedua dengan penjualan 88 juta unit. Melengkapi posisi lima besar ada Katy Perry (79 juta), Kanye West (46,5) dan Lady Gaga (39,5).

Prestasi prestisius Riri, sapaan akrab Rihanna, sekaligus menggusur Katy Perry yang per Juni 2014 mendapat penghargaan RIAA, karena lagunya terjual 72 juta copies.

Waktu itu, Rihanna mengekor di peringkat kedua dengan angka penjualan sebanyak 52 juta unit.

"Sertifikat Gold dan Platinum adalah cara kami merayakan prestasi para penyanyi di industri musik. Kami telah memberikan penghargaan kepada seniman selama hampir 60 tahun, tapi jarang yang punya pencapaian seperti Rihanna.

"Kami ucapkan selamat untuknya. Dia tidak hanya menembus rekor penjualan 100 juta unit lagu di ranah digital, tetapi juga jadi artis pertama yang mampu melakukannya. Itu prestasi bersejarah dan bukti karir yang luar biasa," kata Cary Sherman, Chairman & CEO RIAA.

Rihanna, sepanjang karir, telah merilis 37 single melalui label Roc Nation, Def Jam dan Westbury Road Entertainment, label pribadinya yang didirikan pada awal 2014.

Beberapa lagu di antaranya sukses di pasaran, yakni We Found Love (mendapat 9 platinum); Stay, What’s My Name dan Only Girl (In The World) (6); FourFiveSeconds (2); dan Bitch Better Have My Money (1).

Related

Celebrity 939829172973642903

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item