Cara Mengatasi Persneling Gigi Motor yang Tak Bisa Masuk


Naviri Magazine - Bayangkan kita sedang berkendara di jalan raya yang ramai. Kita sedang bermaksud menyalip kendaraan lain di depan, maka kita pun menambah gigi transmisi untuk mempercepat laju motor. Tetapi, entah kenapa, tuas gigi itu tidak mau masuk. Sudah kita tekan-tekan pun tuas gigi seperti los. Pernah mengalami masalah semacam itu?

Kondisi gigi yang los saat akan dipindah kerap dialami motor-motor yang sudah lama dipakai. Karena terkait dengan hal vital pada motor, masalah terkait gigi transmisi pun harus segera dibenahi, agar tidak menimbulkan masalah yang lebih besar. Apa penyebab gigi tidak mau masuk, dan bagaimana mengatasinya? Uraian berikut ini mungkin bisa membantu.

Mur dan baut penyetel speling tuas persneling

Jika disetel terlalu sempit, perpindahan gigi memang empuk, tetapi akselerasi agak lamban. Dan sebaliknya, jika terlalu renggang, bikin pindah gigi menjadi sulit. Karena ketika kerenggangan kampas kopling belum maksimal, tetapi tangkai pemindah gigi telah menggeser posisi gigi, berakibat timbul entakan.

Arm pendorong kopling

Jika bola penekan pada arm otomatis serta alurnya mulai rusak, biasanya persneling gigi susah dipindahkan, walau mur serta baut speling sudah disetel.

Pelat kopling

Jika arm pendorong tidak mengalami masalah, cek pelat kopling. Jika komponen ini sudah melengkung, serta posisi kerenggangan kampas kopling tidak maksimal, hasilnya girboks yang masih berputar dapat mempersulit tangkai pemindah untuk menggeser drum pemindah gigi.

Rantai yang kendor

Gejala seperti kendornya rantai kadang luput dari perhatian, padahal berdampak pada kenyamanan berkendara, salah satunya susah pindah gigi persneling. Walaupun dalam kondisi berhenti, kondisi rantai yang terlalu kendor bisa membuat susah untuk memposisikan presneling.

Panaskan mesin

Pada waktu pertama kali menyalakan kendaraan, usahakan memanaskan mesin sekitar 1 menit. Cara mengecek apakah mesin sudah panas, dapat dengan menarik tuas gas sedikit. Jika respons mesin motor cepat, berarti mesin sudah panas.

Gunakan oli berkualitas

Untuk mendapatkan hasil dan mesin yang bagus, gunakan oli motor yang berkualitas. Agar pelumasan mesin bisa lebih baik, usahakan memakai oli rekomendasi dealer.

Memeriksa tali kopling

Jika kondisi tali kopling terlalu kendur, harus disetel supaya ketat. Bisa juga dicuci tali koplingnya menggunakan minyak, dan beri oli pada tali kopling tersebut.

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan tentang dunia otomotif, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Related

Tips 2174066256521934137

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item