Kisah Lahirnya Search Engine Pertama di Dunia Maya


Naviri Magazine - Search engine atau mesin pencari telah menjadi kebutuhan penting di internet, karena melalui mesin itulah kita bisa menemukan berbagai hal yang kita inginkan. Jika ditanya search engine apa yang paling terkenal di dunia saat ini, jawabannya tentu Google. Karena kenyataannya memang Google telah menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia.

Namun, Google bukan search engine pertama yang lahir ke dunia.

Jauh sebelum Google menjadi search engine terbesar dan paling populer di dunia maya, keberadaan search engine telah dimulai pada tahun 1990 oleh Alan Emtage yang saat itu masih berstatus mahasiswa di McGill University, Kanada. 

Pada waktu itu, Alan Emtage membuat search engine bernama “Archie” (diambil dari kata archives). Meski kemampuannya masih terbatas, namun itulah search engine pertama di dunia.

Search engine Archie kemudian diikuti oleh “Veronica”, “Jughead” dan “Wandex” pada tahun 1993. Lima tahun setelah itu, pada 1998, Google baru muncul, yang kemudian diikuti Yahoo! pada tahun 2004, dan MSN pada 2005 (yang kemudian dilebur menjadi Bing pada 2009).

Related

Internet 2403792211105205192

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item