Penjelasan di Balik Misteri Film Donnie Darko yang Membingungkan


Naviri Magazine - Donnie Darko adalah film yang dianggap membingungkan oleh banyak orang. Kenyataannya, ada banyak penonton yang merasa perlu menontonnya lebih dari sekali, untuk bisa mencerna dan memahami maksud film tersebut. 

Pasalnya, Donnie Darko seperti potongan puzzle yang berserakan seenaknya, dan penonton merasa perlu meletakkan masing-masing puzzle itu di tempat yang tepat, agar keseluruhan kisah dapat dipahami.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai maksud dan arti di balik segala peristiwa absurd dan membingungkan dalam film Donnie Darko. Penjelasan ini tentu akan lebih mudah dipahami kalau kamu sudah menonton filmnya.

Tema utama film Donnie Darko adalah paralel universe atau dunia paralel, di mana ada dua dunia yang tiba-tiba muncul bareng, dan Donnie dipilih untuk menormalkan kembali keadaan itu. Kemunculan dua dunia tidak dijelaskan kenapa terjadi, karena fenomena acak bisa saja terjadi. Cerita di film, mengenai 28 hari ke depan, dimulai di dunia paralel, bukan di dunia utama.

Ketika dunia paralel tercipta, ada sebuah obyek aneh yang muncul, dan obyek ini adalah mesin pesawat yang tiba-tiba jatuh di rumah Darko. Mesin pesawat ini sebenarnya sebuah glitch, yang—ketika dunia paralel tercipta—terjadi tiga copy (seharusnya dua, satu di dunia nyata, satu di dunia paralel). Copy yang ketiga muncul/jatuh di rumah Donnie. 

Terjadinya copy ketiga mengakibatkan dunia tidak stabil, dan bisa menghancurkan dunia nyata dan paralel. Cara untuk menormalisasi dunia adalah dengan membuang mesin melalui portal ke dunia nyata, sehingga hanya dunia paralel yang hancur.

Donnie Darko dipilih untuk menormalkan dunia. Dia mendapatkan kekuatan seperti mempunyai mind control, bisa mendatangkan api atau air, dan mempunyai kemampuan telekinesis. 

Darko menggunakan kekuatannya untuk menjebol pipa air di sekolah, menggunakan api untuk membakar rumah Jim Cunningham, membanjiri sekolah untuk membuat portal air, dia menggunakan telekinesis untuk mengirim mesin pesawat ke portal. Awalnya, Donnie tidak mengerti kenapa dia memiliki kekuatan-kekuatan ini.

Donnie dibantu oleh ‘orang mati yang dimanipulasi’, seperti Frank. Frank, dengan baju kelincinya yang ikonik, adalah seorang yang bisa bergerak melalui waktu dan berkomunikasi dengan Donnie. Di awal film, dia menyelamatkan Donnie dari kematian, ketika mesin pesawat jatuh di kamar Donnie. 

Sementara ‘orang hidup yang dimanipulasi’ adalah semua karakter hidup yang didesain untuk mengarahkan Donnie ke takdirnya, menyelamatkan dunia. Richard Kelly menggunakan simbolisme religius untuk memberi kesan bahwa Tuhan yang memanipulasi orang yang mati/hidup untuk menolong Darko dengan misinya.

Frank memberitahu Donnie untuk membanjiri sekolah, sehingga membuat reaksi berantai di mana Donnie berjalan kaki dengan Gretchen, dan dia mengajak Gretchen untuk menjadi pacarnya. Ini bukan kebetulan, kejadian ini sengaja didesain supaya Donnie bisa memenuhi takdirnya. 

Ketika Gretchen mati oleh Frank, Donnie menjadi marah, dan menembak mati Frank di matanya, sehingga membuat siklus kejadian di mana Frank ‘mati’ bisa balik ke waktu di awal untuk menyelamatkan Donnie dari peristiwa kejatuhan pesawat.

Donnie menjadi buronan, pacarnya mati, dan dia putus asa. Tetapi akhirnya dia mengerti dengan mengirim mesin pesawat ke portal, maka dunia akan selamat dan Gretchen akan hidup lagi. Kejadian 28 terakhir akan terhapus, dan dunia akan normal lagi. 

Donnie bangun di realitas yang sebenarnya, tertawa karena sudah berhasil dengan misinya, dan dia merasa tidak takut lagi karena sudah merasa dekat dengan Tuhan. Mesin pesawat yang dia kirim dari dunia paralel akhirnya muncul di dunia nyata, dan jatuh di kamar Donnie, membunuhnya… tetapi dunia selamat.

Mendapatkan arti sesungguhnya film ini memberikan jawaban solid dari misteri yang cukup kompleks, karena mempunyai awal dan akhir yang jelas. Di era film yang semakin gencar dengan film-film horror dan romantis murahan, kelebihan Donnie Darko justru menawarkan nuansa baru dengan ending cerita yang tidak terlupakan.

Related

Film 8298582624820371787

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item