Penyebab Sepeda Motor Sulit Pindah Gigi Transmisi


Naviri Magazine - Oper gigi atau pindah gigi biasa dilakukan pengendara sepeda motor manual. Berbeda dengan motor matik yang serba otomatis, perpindahan gigi pada motor manual harus dilakukan sendiri oleh pengendara. Dalam hal itu, kadang terjadi masalah, yaitu gigi transmisi sulit berpindah atau susah masuk.

Jika masalah semacam itu terjadi untuk motor yang telah lama dipakai, dan bukan di motor baru, kemungkinannya ada komponen yang aus. Jika setelan kopling di bak mesin sudah disetel sampai mentok, tapi masih juga susah pindah gigi, artinya ada komponen bermasalah.

Jika masalahnya dari kampas dan pelat kopling, biasanya motor kurang bertenaga, juga susah waktu menghidupkan mesin. Dan jika dari girboks, sudah pasti bukan cuma tidak mau pindah, namun juga berputar. Dalam hal ini, yang perlu dilacak adalah batang (garpu) pemindah gigi, serta komponen penekan kopling di motor.

Misalkan di motor bebek, jika setelan kopling di bak mesin sudah mentok tapi masih sulit pindah gigi, coba periksa komponen penekan kampas kopling di dalam bak mesin. Piranti ini berupa bola-bola, yang tugasnya menekan kampas kopling dengan bantuan putaran as persneling.

Jika bola-bola mulai aus, dorongannya kurang maksimal. Sehingga posisi kampas belum terlalu bebas, dan bikin susah pindah gigi. Itu juga bisa terjadi bila ganti bola-bola imitasi (bukan orisinal). Kadang posisinya miring waktu dipasang.

Tapi, kalau bukan dari bola-bola penekan kampas, dapat pula dikarenakan tangkai pengait posisi drum pemindah gigi mulai aus pada salah satu sisinya. Apalagi jika ditambah pegas kecil penegang tangkai pengait dan tangkai utama sudah mulai lemah.

Gejalanya, kadang persneling suka balik sendiri, meskipun sudah terasa pindah gigi. Sebab pengaitnya belum sempurna memutar drum pemindah gigi. Karenanya jadi los. Hal semacam itu juga bisa terjadi pada motor sport. 

Penyebab lainnya, jika salah satu komponen di as persneling aus atau diganti dengan ukuran lebih tebal. Seperti contoh ring atau bushing yang dapat menyebabkan batang persneling bergoyang waktu digunakan. 

Related

Automotive 4338509511326910163

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item