Sejarah dan Asal Usul Fashion Harajuku Style yang Populer


Naviri Magazine - Harajuku Style adalah sebutan populer untuk kawasan di sekitar Stasiun JR Harajuku, Distrik Shibuya, Tokyo. Kawasan ini terkenal sebagai tempat anak-anak muda berkumpul. Lokasinya mencakup sekitar Kuil Meiji, Taman Yoyogi, pusat perbelanjaan Jalan Takeshita (Takeshita-dori), department store Laforet, dan Gimnasium Nasional Yoyogi. 

Sekitar tahun 1980-an, Harajuku merupakan tempat berkembangnya subkultur Takenoko-zoku. Sampai hari ini, kelompok anak muda berpakaian aneh bisa dijumpai di kawasan Harajuku. Sebetulnya, sebutan "Harajuku" hanya digunakan untuk kawasan di sebelah utara Omotesando. Onden adalah nama kawasan di sebelah selatan Omotesando, namun nama tersebut tidak populer, dan ikut disebut Harajuku.

Sejarah fashion Harajuku di Jepang

Sebelum zaman Edo, Harajuku merupakan salah satu kota penginapan (juku) bagi orang yang bepergian melalui rute jalan utama Kamakura. Tokugawa Ieyasu menghadiahkan penguasaan Harajuku kepada ninja dari Provinsi Iga yang membantunya melarikan diri dari Sakai, setelah terjadi Insiden Honnoji. Di zaman Edo, kelompok ninja dari Iga mendirikan markas di Harajuku untuk melindungi kota Edo, karena letaknya yang strategis di bagian selatan jalan utama Koshu. 

Selain ninja, samurai kelas Bakushin juga memilih bertempat tinggal di Harajuku. Di zaman Meiji, Harajuku dibangun sebagai kawasan penting yang menghubungkan kota Tokyo dengan wilayah sekelilingnya. Setelah itu, Omotesando (jalan utama ke kuil) dibangun pada 1919, setelah Kuil Meiji didirikan. Setelah dibukanya berbagai department store pada 1970-an, Harajuku menjadi pusat busana. 

Kawasan itu menjadi terkenal di seluruh Jepang, setelah diliput majalah fesyen seperti Anan dan non-no. Pada waktu itu, kelompok gadis-gadis yang disebut Annon-zoku sering dijumpai berjalan-jalan di kawasan Harajuku. 

Gaya busana mereka meniru busana yang dikenakan model majalah Anan dan non-no. Sekitar tahun 1980-an, Jalan Takeshita menjadi ramai, karena orang ingin melihat Takenoko-zoku yang berdandan aneh dan menari di jalanan.

Related

Lifestyle 8772899152646637836

Recent

item