5 Artis dan Tokoh Luar Negeri yang Jatuh Cinta Pada Kuliner Indonesia


Indonesia tak hanya terkenal karena keanekaragaman budayanya. Makanan khasnya, ternyata juga menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan asing. Bagi mereka yang pernah menginjakkan kaki di Indonesia, dan sempat mencicipi makanan asli Indonesia, biasanya akan merasa kangen dengan kenikmatan masakan Nusantara.

Seperti nasi goreng, gado-gado, bakso, juga sate ayam, ternyata menjadi makanan khas Indonesia yang banyak dipesan para selebritas mancanegara. Saat mereka datang kembali ke Indonesia, sepertinya rasa istimewa makanan itu tak bisa terlupakan. Mulai dari grup band papan atas dunia hingga Presiden Amerika Serikat, mereka ternyata menyukai makanan khas Indonesia dan menjadi favoritnya.

1. Vertical Horizon

Band rock alternatif asal Amerika Serikat, Vertical Horizon adalah salah satu band mancanegara yang sering datang mengunjungi Indonesia. Bahkan vokalis Vertical Horizon, Matt Scannel berniat tinggal di Indonesia hanya karena suka gado-gado.

2. L'Arc-en-Ciel

Untuk pertama kalinya, band asal Jepang, L'Arc-en-Ciel menginjakkan kaki di Indonesia. Band dengan hits 'Hitomi no Juunin' tersebut akan menggebrak Lapangan D Senayan, Jakarta, Rabu malam  lewat konser bertajuk 'L'Arc-en-Ciel 20th Anniversary World Tour'. 

Dalam konferensi pers, para personel L'Arc-en-Ciel pernah memuji keramahan masyarakat Indonesia yang murah senyum. Sang vokalis Hyde bahkan menyesal tidak sedari dulu menggelar konser di Indonesia. Karena apa? Ini karena ia sangat mengidamkan makan nasi goreng khas Indonesia.

Ia bahkan berniat memburu nasi goreng sebelum menggelar konsernya. “Saya mau cari nasi goreng, tidak sabar saya," ucap Hyde.

3. Jason Mraz

Berbeda dengan seleb mancanegara lainnya, sebelum tampil di depan para penggemarnya, 9 November 2011 silam, ia sempat memberikan daftar permintaan khusus pada panitia pihak penyelenggara konser, salah satunya permintaan mengenai makanan.

"Mintanya sound dan lighting yang bagus, terus juga makanan. Dia pesan harus makanan organik karena memang cinta lingkungan. Makanan dia mau makanannya yang serba organik dan juga air kelapa," ujar perwakilan Asian Live, Donny Heru.

4. Super Junior 

Saat menggelar konser di Jakarta tiga hari berturut-turut 27-29 April 2012 silam, penampilan para personel Super Junior sangat ditunggu-tunggu ribuan penggemarnya.

Namun ada lagi hal yang lebih menarik. Para personel boyband asal Korea ini sebelum tampil menghibur para Elf (sebutan penggemar Super Junior) juga sudah membuat wish list atau daftar keinginan pada pihak penyelenggara, Showmaxx Entertainment.

Apa saja permintaan pria-pria tampan ini? Menurut Sherwin Djajadi, Direktur Showmaxx Entertainment, mereka minta disediakan makanan-makanan khas Indonesia.

"Mereka ingin makan sate ayam, nasi goreng, dan pisang. Pasti kami siapkan yang spesial untuk mereka," kata Sherwin. Sherwin juga mengungkap kalau para personel Super Junior, ingin berlibur di Indonesia. Tapi ia tak membocorkan lebih lanjut mereka akan berlibur di mana, semua demi alasan keamanan. 

5. Barack Obama

Saat melakukan kunjungan ke Indonesia, Barack Obama (yang waktu itu masih jadi Presiden AS), mengaku merindukan makanan favoritnya sewaktu kecil, yakni bakso. Makanan khas Indonesia itu membuatnya ingin segera pulang kampung.

Mengetahui bakso menjadi makanan kesukannya, saat dijamu makan malam oleh Presiden SBY, Obama sangat senang. Ia bahkan tak lupa mengucapkan terima kasih, karena sudah dijamu dengan makanan khas Indonesia favoritnya.

“Thanks for bakso, nasi goreng, emping, kerupuk, semuanya enak," ucapnya dalam bahasa Indonesia, usai jamuan makan malam di Istana Negara.

Setelah itu barulah Obama menyatakan dalam Bahasa Indonesia, "Indonesia bagian dari diri saya". Obama menyatakan, saat datang di Indonesia pada tahun 1967, sebagai seorang anak kecil, Jakarta dilihatnya sangat berbeda dengan hari saat ia sedang berpidato.  

Related

Food 9022150947788376798

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item