Cara Mencengah Kejahatan Cyber dengan Menutup Kamera Laptop


Naviri Magazine - Laptop yang kita gunakan rata-rata dilengkapi kamera yang ditujukan untuk keperluan chatting via web, sehingga bisa berkomuniasi secara langsung melalui layar laptop. Sayangnya, kamera di laptop kita juga mengandung ancaman kejahatan cyber yang tak bisa disepelekan. Karena itu pula, banyak orang yang kini menutup kamera di laptop, jika tidak sedang digunakan.

Urusan menutup kamera laptop ini mulai populer di dunia, setelah Mark Zuckerberg ketahuan menutup kamera laptopnya. Semula, menutup kamera laptop dinilai hal berlebihan. Tapi faktanya, hal itu memang benar-benar penting. Berikut ini uraiannya.

Kamera web di laptop mampu merekam video, tanpa sepengetahuanmu

Coba ingat seberapa sering kamu menggunakan laptop untuk mengakses atau berseluncur di internet. Mulai dari membaca informasi, berita, dan mengakses media sosial. Hal itu bisa menjadi cikal bakal laptopmu dibajak. 

Pelaku kejahatan siber selalu mencari celah sekecil apa pun untuk mengakses komputer pribadi orang lain. Kamu perlu curiga jika lampu indikator kameramu menyala. Bisa jadi saat itu pelaku sedang merekammu diam-diam.

Cegah pembajak dengan menutup kamera web laptopmu

Cara sederhana untuk mencegah pembajak siber mengakses kamera laptopmu adalah dengan menutupnya. Sejauh ini, tak banyak laptop yang menyediakan penutup untuk kamera. Kebanyakan terpampang nyata di atas monitor laptop. 

Tapi menutup kamera laptop bisa dilakukan dengan mudah. Kamu tinggal ambil selotip warna, dan tempelkan di kamera. Kamu bisa menggunakan benda lain seperti stiker, namun perhatikan juga penggunaan kameramu. Kalau kamu sering pakai kamera, mau tak mau harus sering lepas pasang, kan? Untuk itu, gunakan benda yang mudah dilepas tempel.

Direktur FBI, James Comey, menyarankan untuk menutup kamera web untuk kepentingan keamanan

Pada konferensi di Center for Strategic and International Studies, James Comey mengatakan, ”Bukan hal gila jika direktur FBI peduli juga dengan keamanan personal. Jika kamu pergi ke kantor pemerintahan mana pun, kita semua punya kamera kecil yang tersemat di atas layar, mereka semua punya penutup untuk menutupinya.”

Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, berhati-hari dengan keamanan laptopnya

Peringatan dari direktur FBI memang mengejutkan. Sama mengejutkan saat orang-orang tahu kalau Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, juga menyematkan selotip untuk menutupi komputer di atas meja Facebook miliknya.

Kejahatan melalui kamera web sudah pernah terjadi

Miss Teen USA 2013, Cassidy Wolf, pernah mendapat perlakuan tak mengenakkan melalui kamera web-nya. Seorang lelaki di sekolahnya pernah sengaja membajak kamera web-nya, dan mengambil foto-foto miliknya tanpa izin. Dia mengetahui hal itu saat mengecek media sosial, dan mendapati foto-fotonya bertebaran di sana. 

Dia diancam dan diminta sejumlah uang oleh pelaku. Setelah diselidiki, ternyata dia salah satu dari 12 korban yang mengalami kejahatan siber melalui kamera web. Pelaku kejahatan itu dijatuhi hukuman 1,5 tahun atas perbuatannya.

Setelah mengetahui bahwa kejahatan siber berbahaya dan mengancam privasi, kamu harus mengambil sikap. Kamu bisa mulai mengedukasi rekan dan keluargamu tentang bahaya kamera web di laptop. Aksi kecil ini tentunya bisa membantu orang lain untuk menjaga privasi mereka.

Related

Tips 3339977187272049872

Recent

item