Daftar Mobil yang Disuntik Mati di Indonesia Sepanjang 2021


Berbagai model mobil baru telah bermunculan di Indonesia, namun tidak sedikit juga yang sudah diputuskan berhenti dijual atau istilahnya disuntik mati sepanjang 2021.

Alasan suatu model mesti pensiun bisa bermacam-macam, mulai dari tidak laku, imbas pandemi Covid-19, keputusan prinsipal, atau pandangan bisnis lain lebih baik. Sejauh ini setidaknya ada tujuh model mobil di Indonesia yang sudah berhenti dijual pada tahun ini:

Mitsubishi Outlander Sport

Outlander Sport merupakan salah satu model yang diproduksi Mitsubishi di Indonesia yang berhenti dijual pada awal 2021. Outlander Sport menyusul model Mitsubishi lain yang penjualannya lebih dulu yaitu Delica dan Mirage.

Isuzu Panther

Pada Februari lalu Isuzu mengumumkan bahwa produksi dan penjualan SUV andalan mereka, Panther, telah dihentikan. Hal ini bukan cuma berlaku bagi tipe bodi SUV, tetapi juga pikap.

Isuzu Indonesia mengatakan Panteher yang sudah dijual sejak 1991 sudah laku 433.117 unit.

Honda Jazz

Honda Indonesia tak melanjutkan penjualan Jazz di dalam negeri setelah generasi barunya meluncur di Jepang. Status penjualan Jazz dihentikan diumumkan pada Maret.

Posisi Jazz di Indonesia diganti City Hatchback.

Honda Odyssey

Honda Indonesia mengumumkan berhenti menjual Odyssey di Indonesia pada Desember menyusul keputusan prinsipalnya di Jepang. Odyssey sudah dijual di dalam negeri sejak 1994, penyegaran terakhir dilakukan pada Februari.

Honda City Hatchback

Honda Indonesia menyatakan pada Desember bahwa City Hatchback tak lagi dijual. Perusahaan ingin fokus pada penjualan City Hatchback RS untuk segmen hatchback, sedangkan sedan dikonsentrasikan pada Civic RS.

SUV Nissan Terra berhenti dijual pada Februari setelah semua stok unitnya habis. Terra pertama kali meluncur pada 2018, unitnya didatangkan dari Thailand.

Suzuki Karimun Wagon R

Bulan lalu Suzuki Indomobil Motor menyatakan Karimun Wagon R tidak lagi dijual, ini membuat perusahaan keluar dari kelompok penjual Low Cost Green Car (LCGC).

Meski demikian Suzuki tetap memproduksi Karimun Wagon R di Indonesia, hanya saja ditujukan buat pasar ekspor.

Related

Automotive 7877369176941956702

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item