Ini 10 Makanan Kaya Kalium yang Mengandung Banyak Manfaat


Naviri Magazine - Dibandingkan minuman berenergi atau minuman olahraga, pisang dianggap sebagai penyumbang energi alami dalam dunia kebugaran. Studi yang dilakukan terhadap hal itu telah membuktikan, bahwa daya tahan atau kekuatan pesepeda lebih berlimpah ketika mengonsumsi pisang dibanding ketika meminum minuman olahraga.

Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 442 miligram kalium, yang menghasilkan tenaga ekstra. Kenyataan itu pula yang menjadikan pisang dikenal sebagai sumber kalium. Namun, kalium tidak hanya dapat diperoleh dari pisang. Makanan-makanan berikut ini juga kaya kalium.

Kentang

Kentang berukuran sedang mengandung sekitar 542 miligram kalium, dan mendorong antioksidan betakaroten.

Kacang

Beberapa varietas kacang kaya serat dan protein. Satu cangkir kacang putih mengandung kalium sebesar 1.189 miligram. Satu cangkir kacang kapri memiliki 707 miligram kalium. Sementara satu cangkir kacang kedelai memiliki kandungan kalium 970 miligram.

Kurma

Setiap butir kurma memiliki kandungan kalium sebesar 167 miligram. Kurma adalah buah kering kaya serat yang mampu mengalahkan kandungan kalium pada pisang.

Yoghurt

Dalam 226 gram yoghurt rendah lemak terdapat kandungan kalium sebesar 531 miligram. Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi yoghurt dengan tambahan buah di dalamnya. Jika Anda mengonsumsinya, pastikan buah tersebut tidak kaya gula.

Alpukat

Satu buah alpukat mengandung lebih dari dua kali kandungan kalium yang terdapat pada pisang, yaitu sebanyak 975 miligram.

Saus tomat

Secangkir saus tomat berisi 800 miligram kalium. Namun, perlu dipastikan saus tersebut tanpa tambahan sodium dan gula.

Ikan

Dalam setiap 85 gram ikan laut mengandung kalium sebanyak 449 miligram. Makanan laut yang mengandung kalium di antaranya adalah salmon dan kerang.

Aprikot kering

Dalam seperempat cangkir aprikot kering mengandung kalium sebanyak 257 miligram.

Melon

Seporsi melon yang segar mengandung kalium sebesar 358 miligram. Mengonsumsi satu buah melon memberi asupan kalium yang setara dengan mengonsumsi pisang.

Pepaya

Untuk setiap potongan pepaya sekitar 2,5 centimeter, terdapat kandungan kalium sebanyak 264 miligram.

Related

Health 2351256501008682506

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item