Membandingkan Kecerdasan Hewan dengan Kecerdasan Manusia


Naviri Magazine - Tentu saja, manusia lebih cerdas daripada hewan. Dalam ilustrasi sederhana, kalau hewan lebih cerdas dari manusia, tentu kita yang menjadi peliharaan mereka, dan bukan mereka yang menjadi peliharaan kita. Mengapa manusia bisa lebih cerdas daripada hewan, dan apakah kecerdasan hewan sama dengan kecerdasan manusia?

Jurnal Frontiers in Neuroanatomy mempublikasikan hasil penelitian yang menunjukkan perbedaan jumlah neuron (sel saraf) dalam otak beberapa hewan. Jumlah neuron menentukan tingkat kemampuan kognitif alias kecerdasan mereka.

Hasil penelitian tersebut mungkin juga akan menghentikan debat panjang mengenai mana yang lebih cerdas antara anjing dan kucing. Sebab, dalam penelitian itu disebutkan, ternyata anjing memiliki jumlah neuron dua kali lipat lebih banyak daripada kucing.

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud kecerdasan pada hewan? Apakah yang disebut kecerdasan pada hewan sama dengan kecerdasan pada manusia?

Intelegensi (kecerdasan) secara ilmu neurosains dihasilkan dari mekanisme neurotransmiter yang sama pada semua spesies, terutama pada mamalia.

Apakah bentuk kecerdasan setiap hewan dan manusia itu sama? 

Itu relatif, karena tidak mudah mendeskripsikan kesamaan bentuk kecerdasan jika berpijak pada antroposentris (berpusat pada manusia), dan jika homologi (kesamaan bentuk dasar) tubuh tidak komparabel (dapat dibandingkan).

Sama seperti pada manusia, kecerdasan pada hewan juga berguna untuk memperbaiki dan meningkatkan cara hewan tersebut untuk beradaptasi. 

Untuk mengetahui tingkat kecerdasan beberapa hewan, dapat dilakukan pengujian dengan memilih beberapa indikator yang berhubungan dan mudah diamati pada hewan-hewan tersebut. 

Beberapa indikator yang dipilih, di antaranya diusahakan dapat dibandingkan dengan manusia. Dengan demikian akan terdapat pula perbandingan kemampuan antara spesies yang diuji dengan manusia. 

Karena masing-masing spesies memiliki banyak kemampuan berbeda, maka keunggulan atas suatu kemampuan tertentu tidak serta-merta menunjukkan bahwa spesies tertentu lebih cerdas daripada spesies yang lain. Semakin kompleks anatomi sistem saraf pusat suatu spesies, maka semakin banyak aspek kecerdasan yang perlu diamati. 

Hewan apa saja yang bisa disebut sebagai hewan cerdas?

Di antaranya lumba-lumba, babi, anjing, dapat disebut sebagai hewan cerdas. Khusus untuk primata, dikarenakan mereka memiliki kedekatan homologi dengan manusia, maka kecerdasan mereka lebih mudah untuk dibandingkan dengan kecerdasan manusia. Primata adalah hewan yang ideal untuk percobaan neuro-psikologi.

Apakah hewan dapat bertambah pintar melalui latihan dan belajar?

Tentu, proses learning (pembelajaran) secara fisiologi saraf, dimiliki oleh semua hewan. Namun apakah pertambahannya seperti ukuran manusia, ini yang relatif. Karena bila memori latihan mereka tidak berguna, maka akan dilupakan.

Related

Science 3824114936293000252

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item