Mengenal Geofisika, Ilmu Bumi yang Menggunakan Prinsip Fisika


Naviri Magazine - Geofisika adalah bagian dari ilmu Bumi yang mempelajari Bumi menggunakan kaidah atau prinsip-prinsip fisika. Di dalamnya termasuk juga meteorologi, elektrisitas atmosferis, dan fisika ionosfer. 

Penelitian geofisika ditujukan untuk mengetahui kondisi di bawah permukaan Bumi, melibatkan pengukuran di atas permukaan Bmi dari parameter-parameter fisika yang dimiliki oleh batuan di dalam Bumi. 

Dari pengukuran itu dapat ditafsirkan bagaimana sifat-sifat dan kondisi di bawah permukaan Bumi, secara vertikal maupun horisontal.

Dalam skala yang berbeda, metode geofisika dapat pula diterapkan secara global untuk menentukan struktur Bumi, secara lokal untuk eksplorasi mineral dan pertambangan termasuk minyak Bumi, serta dalam skala kecil untuk aplikasi geoteknik (penentuan fondasi bangunan, dan lain-lain). 

Pada saat ini, geofisika maupun geologi hampir menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan dalam ilmu Bumi.

Metode geofisika

Secara umum, metode geofisika dibagi dalam dua kategori, yaitu metode pasif dan metode aktif. Metode pasif dilakukan dengan mengukur medan alami yang dipancarkan Bumi. Sedang metode aktif dilakukan dengan membuat medan gangguan, kemudian mengukur respon yang dilakukan oleh Bumi. 

Medan alami yang dimaksud di sini misalnya radiasi gelombang gempa Bumi, medan gravitasi Bumi, medan magnetik Bumi, medan listrik dan elektromagnetik Bumi, serta radiasi radioaktivitas Bumi. 

Sedangkan medan buatan dapat berupa ledakan dinamit, pemberian arus listrik ke dalam tanah, pengiriman sinyal radar, dan lain sebagainya.

Related

Science 3160217388415028745

Recent

item