Rahasia agar Selalu Sehat dan Terlihat Awet Muda di Usia 40-an


Berkat teknologi canggih, orang bisa terlihat awet muda dengan mudah. Tapi jika tak ingin mengeluarkan banyak biaya untuk perawatan klinis dan produk kecantikan, ada cara yang lebih mudah dan murah. 

Penelitian telah menemukan ada beberapa cara sederhana dan efektif untuk mengurangi tanda-tanda penuaan yang terlihat di usia 40-an. Inilah 5 rahasia awet muda menurut sains. 

1. Tidur cukup 

Kurang tidur tidak hanya membuat orang terlihat sedikit kuyu keesokan harinya. Ketika itu menjadi kebiasaan kronis, kurang tidur bisa membuat orang terlihat lebih tua secara permanen. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Clinical and Experimental Dermatology, wanita yang dilaporkan memiliki kualitas tidur yang baik mengalami pemulihan penghalang kulit 30 persen lebih baik daripada wanita yang kurang tidur, dan memiliki penuaan kulit intrinsik yang jauh lebih rendah. 

National Sleep Foundation merekomendasikan tujuh hingga sembilan jam tidur berkualitas setiap malam.

2. Olahraga

Untuk mencegah penuaan dini pada kulit, olahragalah hampir setiap hari dalam seminggu. "Temuan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga ringan dapat meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh," kata American Academy of Dermatology. 

"Ini, pada akhirnya, dapat membuat kulit tampak lebih muda." Para ahli merekomendasikan setidaknya 150 menit aktivitas intensitas sedang (atau 75 menit aktivitas berat) setiap minggu, idealnya menyebar sepanjang minggu.

3. Mengonsumsi vitamin C

Antioksidan kuat yang dikenal sebagai vitamin C sangat penting untuk produksi kolagen, salah satu protein yang membuat kulit tampak muda. 

Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Biology Reports, vitamin C juga dapat mencegah pemendekan telomer, bagian dari kromosom yang menyimpan informasi DNA yang menjadi lebih pendek seiring bertambahnya usia.

4. Batasi alkohol

Sudah bukan rahasia bahwa minuman alkohol adalah musuh kecantikan. Penelitian telah menemukan bahwa minuman keras berkontribusi langsung pada tanda-tanda penuaan wajah. 

Dalam sebuah studi multinasional 2019 terhadap lebih dari 3.200 wanita, para peneliti menemukan bahwa mereka yang minum lebih dari delapan gelas alkohol seminggu memiliki lebih banyak garis wajah bagian atas, bengkak di bawah mata, rongga mulut, kehilangan volume bagian tengah wajah, dan pembuluh darah daripada wanita yang minum dalam jumlah sedang atau tidak minum alkohol sama sekali.

5. Hindari gula tambahan

Setelah 40 tahun, batasi makanan dengan pemanis tambahan. Ini bukan hanya demi menjaga berat badan tapi juga agar terlihat awet muda. 

"Temuan dari studi penelitian menunjukkan bahwa diet yang mengandung banyak gula atau karbohidrat olahan lainnya dapat mempercepat penuaan," menurut American Academy of Dermatology.

Related

Tips 1878503390267993757

Recent

item