Tips Sederhana tapi Penting Saat Akan Membeli Barang Apapun


Naviri Magazine - Meski sekarang sudah zaman online, dan membeli barang bisa dilakukan secara online, namun ada kalanya kita masih mengandalkan jual beli di dunia nyata, misal di pasar tradisional, di pinggir jalan, di lapak-lapak tertentu, dan lain-lain, untuk mendapatkan barang-barang yang memang tidak bisa ditemukan di tempat jual beli online.

Biasanya, barang-barang yang kita beli secara langsung semacam itu adalah benda-benda penting atau kuno, yang memang membutuhkan sentuhan langsung pada barang bersangkutan, agar bisa mengetahui betul benda yang akan dibeli. 

Terkait hal tersebut, berikut ini beberapa tips sederhana namun penting, yang perlu diperhatikan, baik sebagai penjual maupun sebagai pembeli:

Penjual yang akan mengambil untung sangat besar dari Anda, biasanya tidak berani menatap mata Anda saat tawar-menawar, dan saling mencuri-curi pandang dengan temannya sesama pedagang. Ketika Anda sedang mempertimbangkan harga yang ditawarkannya, dia kemudian pergi menjauh dan pura-pura sibuk, lalu melirik Anda sambil berharap Anda menerima tawaran tersebut.
    
Penjual yang berbohong tentang keaslian suatu barang, biasanya tidak berani menatap mata Anda saat tawar-menawar, dan berkesan tidak mau banyak bicara untuk menjelaskan spesifikasi barang tersebut, serta tidak mau berlama-lama dalam tawar-menawar.
    
Pembeli yang memegang-megang banyak barang: Dia tidak benar-benar berniat membeli satu pun.
    
Pembeli yang memegang satu macam barang dan dengan serius menanyakan kepada penjual: Dia benar-benar berniat membelinya.
    
Pembeli yang kehilangan senyuman setelah Anda memberitahukan harganya: Dia sedang mempertimbangkan untuk menawar harganya atau tidak jadi membeli.
    
Pembeli yang pergi menjauh namun matanya masih melirik barang yang tidak jadi dibelinya: Dia benar-benar berminat terhadap barang itu.

Related

Tips 3367176195768670175

Recent

item