10 Orang Crazy Rich Ini Terancam Jatuh Miskin Tahun 2022: Karena Pandemi Covid-19?


Menjadi crazy rich atau konglomerat adalah impian banyak orang. Dengan harta berlimpah, kamu bisa dengan mudah membeli barang mewah dan pergi keluar negeri tanpa takut isi rekening habis terkuras.

Namun apakah pernah terlintas di benakmu kalau orang kaya juga masih memiliki risiko jatuh miskin? Bisa jadi karena bisnisnya bangkrut atau karena pandemi Covid-19 yang belakangan ini sedang melanda dunia.

Seperti yang dialami 10 orang crazy rich berikut ini yang sedang terancam jatuh miskin. Penasaran siapa saja sosoknya?

1. Zhong Huijuan

Pertama ada CEO Hansoh Pharmaceutical, yang sebelumnya menjadi salah satu wanita terkaya di dunia pada 2019. Saham Zhong Huijuan anjlok, sehingga membuat kekayaan Zhong turun sebanyak 51% di tahun 2021 lalu.

2. Zhang Bangxin

Zhang Bangxin harus kehilangan hartanya akibat kebijakan Pemerintah China yang merugikan perusahaannya yakni TAL Education. Kekayaan Zhang turun hingga 90%, dari US$15,8 miliar menjadi US$250 juta.

3. Dan Gilbert

Pemilik Rocket Companies, Dan Gilbert terancam jatuh miskin setelah saham perusahaannya terjun bebas. Tak tanggung-tanggung, crazy rich ini kehilangan US$13,2 miliar dari total kekayaan sebesar US$29,6 miliar.

4. Masayoshi Son

CEO Softbank Group Masayoshi Son terancam jatuh miskin setelah perusahaan investasi miliknya merugi akibat tekanan dari Pemerintah China. Ia kehilangan hartanya hingga US$13,6 miliar dari total kekayaan sebesar US$25,1 miliar.

5. Lei Jun

Pendiri perusahaan smartphone Xiaomi ini awalnya pernah menjadi salah satu crazy rich terkaya dunia dengan total kekayaan US$16,3 miliar. Namun, nasibnya berubah drastis setelah kehilangan hampir 90% kekayaannya akibat regulasi pemerintah.

6. Tadashi Yanai

Tadashi Yanai adalah pendiri Uniqlo dan Theory itu harus kehilangan hartanya hingga US$14 miliar dari total kekayaan sebesar US$30,4 miliar. Penyebabnya adalah pandemi Covid-19 yang mempengaruhi penjualan perusahaannya.

7. Zhang Yong

Zhang Yong adalah pria berkebangsaan Singapura yang mendirikan Haidilao, perusahaan jaringan hotspot di China. Berdasarkan informasi dari Forbes, ia terancam jatuh miskin setelah kehilangan hartanya hingga US$15,9 miliar akibat krisis pandemi.

8. Hui Ka Yan

Pendiri Evergrande yang dikenal crazy rich, Hui Ka Yan terancam jatuh miskin akibat krisis keuangan yang dilanda perusahaan properti miliknya. Tak tanggung-tanggung, Hui Ka Yan harus kehilangan hartanya sebanyak US$18 miliar.

9. Jack Ma

Pendiri perusahaan Alibaba ini sebelumnya dikenal sebagai orang terkaya di China dengan kekayaan US$37 miliar. Tetapi, Jack Ma harus kehilangan hartanya hingga US$21,4 miliar akibat kebijakan keras pemerintah China yang menekan perusahaan besar untuk berekspansi.

10. Colin Zheng Huang

Terakhir ada crazy rich pendiri e-commerce Pinduoduo ini merupakan orang terkaya nomor dua di China menurut majalah Forbes pada Juni 2020. Namun, di tahun ini Colin Huang kehilangan kekayaan hingga 64% lantaran turunnya saham Pinduoduo.

Related

News 4581631968151698980

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item