5 Fakta Bougainville, Negara Baru yang Akan Jadi Tetangga Indonesia


Indonesia berada di ambang mendapatkan tetangga Pasifik baru. Bougainville, nama negara itu. Kendati demikian, para ahli menyarankan agar berhati-hati jika Anda merencanakan liburan di sana.

Bougainville memilih merdeka dari Papua Nugini dalam referendum pada 2019.

Hasil referendum membuat penduduk lokal dan pengamat internasional menggembar-gemborkan masa depan yang positif bagi Bougainville, sebagian didorong oleh harapan bahwa Bougainville akan mandiri melalui sumber daya alamnya yang berharga - termasuk potensi pariwisatanya.

Berikut 5 fakta Bougainville yang bakal menjadi negara baru dekat Indonesia:

1. Merdeka Penuh dari Papua Nugini 2027

Meski merdeka dari Papua Nugini (PNG) dalam referendum pada 2019, proses pelepasan Bougainville baru akan dimulai pada 2023. Diperkirakan warganya akan mendapatkan kemerdekaan penuh pada 2027.

Bertie Ahern, Ketua Komisi Referendum Bougainville, pada akhir November lalu menyatakan bahwa 176.928 orang - sekitar 98 persen pemilih - telah mendukung kemerdekaan dalam sebuah referendum menuju negara baru.

Ini mengakhiri proses perdamaian selama puluhan tahun dan pemulihan panjang dari perang saudara brutal antara pemberontak Bougainville, pasukan keamanan Papua Nugini dan tentara bayaran asing yang berakhir pada tahun 1998 dan menewaskan hingga 20.000 orang. Pada saat itu, ini adalah 10 persen dari populasi.

Dr Anthony Regan, seorang ahli PNG di Australian National University mengatakan reaksi terhadap referendum itu 'dapat dimengerti tetapi terlalu dini'.

"Ini tetap menjadi kandidat yang paling mungkin untuk negara baru, tetapi itu tidak akan mudah untuk dicapai."

Dia mengatakan pemerintah PNG setuju untuk memberi Bougainville lebih banyak tanggung jawab untuk urusannya daripada provinsi PNG lainnya - tetapi saat ini masih jauh untuk menjadi negara merdeka.

Apa yang mungkin merupakan langkah bertahap menuju otonomi yang lebih besar untuk Bougainville tetapi mengatakan jadwal untuk menjadi negara yang sepenuhnya mandiri pada tahun 2027 adalah 'sangat tidak pasti'.

"Perdana menteri PNG belum secara eksplisit mengatakan tidak, tetapi dia telah menyatakan keberatan tentang efek preseden kemerdekaan untuk Bougainville," kata Dr Regan.

Ketakutannya adalah bahwa provinsi kaya sumber daya lainnya ingin melepaskan diri dari PNG, melemahkan negara secara ekonomi dan budaya.

2. Pariwisata Backpacker Alternatif Bali atau Fiji

Optimisme setelah referendum mungkin membuat para pencari sensasi pemberani dan backpacker dengan budget terbatas untuk menjelajahi pulau yang subur sebagai alternatif dari Bali atau Fiji - tetapi Anda sebaiknya menunggu, atau setidaknya melakukan perencanaan yang sangat hati-hati.

"Operator tur terbatas di Bougainville, mereka terutama bekerja dengan veteran Perang Dunia II dan kerabat mereka," kata Dr Thiago Cintra-Oppermann, pakar Bougainville dari Australian National University.

3. Tempat Indah Namun Infrastruktur Terbatas

Media Inggris Daily Mail, menyebut Bougainville adalah tempat yang sangat indah, dengan pemandangan yang luar biasa dan beragam. Orang-orangnya pun diisebutkan sebagai sosok yang ramah. Kendati demikian infrastruktur di wilayah tersebut masih sangat terbatas dibandingkan dengan Fiji dan Bali.

4. Reruntuhan Perang Dunia II dan Wisata Sejarah Jadi Unggulan 

Salah satu atraksi utama adalah reruntuhan Perang Dunia II dan wisata sejarah. Lebih dari 60.000 orang Amerika berbasis di Bougainville selama Perang Dunia II dan Laksamana Jepang Isoroku Yamamoto tewas dalam kecelakaan pesawat hutan di sana.

5. Tinggi Potensi Penyakit Malaria

Meskipun Bougainville sangat indah, dengan hutan yang belum tersentuh, sungai, gunung berapi, dan 685 kilometer garis pantai yang masih asli, industri pariwisata embrionik - melayani orang Australia, Amerika, dan Jepang - tutup selama pandemi COVID-19.

Pulau itu baru-baru ini dilanda strain Delta, lalu memutuskan lockdown setelah 10 kematian akibat COVID-19 pada awal November dan 170 infeksi baru.

"Ekowisata adalah area pertumbuhan yang memungkinkan, tetapi selama dua tahun terakhir ini terhenti," kata Dr Cintra-Oppermann.

Sebagai negara berkembang, Bougainville memiliki banyak hal yang harus dilakukan dalam mengembangkan layanan kesehatan dan infrastruktur pariwisata.

Selain COVID-19, penyakit malaria yang endemik juga menjadi isu yang berkelanjutan. 

Related

International 6363624982269120415

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item