5 Penemuan Ilmiah yang Sebenarnya Bermanfaat, tapi Disalahgunakan


Naviri Magazine - Para ilmuwan bekerja dan melakukan penelitian selama bertahun-tahun, yang hasilnya adalah berbagai temuan penting untuk kehidupan manusia. Temuan-temuan itu bisa berupa obat-obatan, zat-zat tertentu yang dimaksudkan untuk menyuburkan tanaman, sampai rumus-rumus rumit di bidang fisika yang tentu ditujukan untuk ilmu pengetahuan.

Sayangnya, tidak semua temuan penting itu dimanfaatkan sebagaimana tujuan penemunya. Beberapa temuan ilmiah penting yang ada, malah disalahgunakan atau ditujukan untuk hal-hal yang bertolak belakang dari tujuannya. 

Berikut ini adalah lima penemuan ilmiah yang sebenarnya bisa memberi manfaat, tapi malah disalahgunakan.

1. Ekstasi

Ekstasi adalah salah satu zat adiktif berupa obat, yang awalnya dipergunakan bagi penderita gangguan kesehatan mental. Sayangnya, ekstasi saat ini disalahgunakan, dan beredar secara ilegal, hingga dimasukkan ke dalam golongan narkotika yang membuat ketergantungan dan mematikan.

2. LSD

Mirip seperti ekstasi, LSD atau lisergat dietilamida juga dipergunakan untuk dunia medis, sebagai salah satu metode pengobatan bagi penderita depresi dan Parkinson. LSD pun kini disalagunakan, dan tersebar di kalangan anak muda karena bentuknya yang cukup menarik. 

3. Zyklon B

Kemudian ada Zyklon B, yang tujuan penggunaan awalnya untuk pupuk dan pestisida di bidang pertanian. Namun, karena kandungan sianida, Zyklon B yang ditemukan pada 1920-an ini malah digunakan Nazi untuk mengeksekusi lebih dari 1,2 juta orang selama masa Holocaust.

4. Agent Orange

Agent Orange, yang diciptakan Arthur Galston, awalnya merupakan bahan kimia yang digunakan untuk mempercepat pertumbuhan kedelai. Namun, karena efeknya yang berbahaya bagi manusia, pasukan Amerika menggunakannya dalam Perang Vietnam.

5. Dinamit

Dinamit adalah salah satu penemuan yang membuat Alfred Bernhard Noble kaya-raya di era 1800-an. Diklaim aman, sayangnya dinamit malah disalahgunakan dan banyak menghilangkan nyawa orang. Karena penyesalannya, Noble menghibahkan hartanya untuk membuat Penghargaan Nobel yang terkenal hingga saat ini.

Related

Science 6632149104401179687

Recent

item