Alasan Berang-berang Suka Membangun Bendungan


Naviri Magazine - Berang-berang hidup di sekitar sungai, dan mencari makan dengan menangkap ikan serta kerang. Mereka membangun rumah berupa bendungan yang terbuat dari kayu dan sampah sungai. 

Dengan membuat bendungan, berang-berang akan lebih mudah menangkap ikan, karena sebagian besar ikan menyukai air yang dalam.  

Berang-berang membangun bendungan dengan cara menggigiti batang pohon hingga pohon itu terjatuh. Setelah itu, berang-berang akan menggerogoti dahan tersebut hingga menjadi bagian-bagian yang lebih mudah dibawa, dan menyeret kayu-kayunya ke air untuk membangun bendungan. 

Kayu-kayu itu diletakkan saling menyilang satu sama lain, dan berang-berang akan menutup celahnya dengan batu dan lumpur sebagai sentuhan akhir.

Mengapa berang-berang membungkus tubuhnya dalam ganggang laut?

Berang-berang laut sering membungkus tubuhnya sendiri dalam ganggang laut yang tumbuh dari dasar laut. Berang-berang merasa perlu melakukan hal itu, agar tidak terbawa gelombang laut. Ganggang laut mampu menahan mereka di satu tempat, selagi mereka mengapung di atas punggungnya dan tidur.

Selain itu, dengan membungkus dirinya dengan ganggang laut, berang-berang juga dapat menikmati remis, kepiting atau bintang laut yang menjadi makanan favoritnya, tanpa harus khawatir terhanyut oleh arus selama mereka sedang menikmati santapan.

Related

Science 2252754491173838310

Recent

item