Apakah Babirusa adalah Gabungan Babi dan Rusa? Ini Jawabannya


Naviri Magazine - Babi rusa bukan anak hasil perkawinan babi dengan rusa. Babirusa tak jauh beda dengan babi biasa, namun memiliki taring yang menembus moncongnya, hingga tampak seperti tanduk rusa. Karena itulah hewan ini disebut babirusa.

Tampilan fisik babirusa juga mirip babi biasa. Kulitnya kasar, dengan warna keabu-abuan, dan hampir tak berbulu. Panjang tubuhnya sekitar 85 sampai 100 sentimeter, tingginya antara 65 sampai 80 sentimeter, dan bobotnya mencapai 100 kilogram. Ekor babirusa tergolong pendek, yaitu sekitar 25 sampai 30 sentimeter.

Di mana babirusa hidup?

Babirusa tersebar di kawasan Asia Tenggara, dan banyak ditemukan di hutan hujan tropis. Hewan ini menyukai daerah-daerah pinggiran sungai atau kubangan lumpur di hutan dataran rendah.

Di Indonesia, babirusa bisa dijumpai di Sulawesi bagian utara, tengah, dan tenggara, juga di pulau Togian, Sula, dan Buru.

Related

Science 4975351464062090924

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item