Bagaimana Kopi Bisa Berdampak Baik untuk Kesehatan? Ini Penjelasannya


Setiap senyawa di dalam kopi memiliki efek berbeda pada kesehatan Anda, itulah sebabnya cara kopi diproduksi dan diseduh berperan penting.

Asam klorogenik, misalnya, diyakini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan meningkatkan fungsi arteri Anda. Ada juga bukti bahwa asam ini dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dengan mengendalikan lonjakan gula darah setelah makan.

Di sisi lain, diterpen telah terbukti meningkatkan kadar lipoprotein densitas rendah, sejenis kolesterol yang terkait dengan penyakit kardiovaskular. Sementara lebih sedikit penelitian yang berfokus pada trigonelline dan melanoidin, meski beberapa bukti menunjukkan keduanya mungkin baik untuk kesehatan Anda.

Menambahkan krim, gula dan sirup akan mengubah kandungan nutrisi dari cangkir kopi Anda. Mereka tidak hanya akan meningkatkan kandungan kalori, mereka juga dapat meningkatkan asupan lemak jenuh dan gula. Kedua hal ini dapat menyebabkan peningkatan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular, dan dapat melawan efek menguntungkan dari senyawa lain yang terkandung dalam secangkir kopi Anda.

Ada juga bukti bahwa tubuh manusia mungkin merespons beberapa senyawa dalam kopi secara berbeda. Minum tiga hingga empat cangkir kopi secara teratur setiap hari terbukti meningkatkan toleransi terhadap efek peningkatan tekanan darah dari kafein. Genetika mungkin juga berperan dalam cara tubuh Anda menangani kafein dan senyawa lain.

Studi juga semakin banyak menunjukkan bahwa mikrobioma usus menjadi faktor penting dalam menentukan efek kesehatan yang mungkin dimiliki kopi. Misalnya, beberapa penelitian menunjukkan mikroba usus memainkan peran penting dalam metabolisme asam klorogenat, dan karenanya dapat menentukan apakah mereka akan bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Para peneliti perlu melakukan penelitian besar untuk mengonfirmasi temuan penelitian yang lebih kecil ini, yang tampaknya menunjukkan bahwa kopi baik untuk kesehatan Anda. 

Bagaimana pun, cobalah kurangi gula dan krim dalam kopi Anda. Jika Anda dalam keadaan sehat dan tidak hamil, teruslah mengambil pendekatan sedang untuk konsumsi kopi, dan memilih kopi saring jika memungkinkan.

Related

Health 648914395020925609

Recent

item