Begini Cara Membedakan Gajah Asia dan Gajah Afrika


Naviri Magazine - Cara termudah untuk membedakan kedua spesies gajah tersebut adalah dengan melihat telinga mereka. Meski sekilas gajah Afrika dan gajah India tampak sama, namun ada beberapa perbedaan pada tubuh mereka. Gajah Afrika memiliki telinga yang lebih lebar dibanding gajah India. Kepala gajah Afrika lebih bulat, dan matanya lebih lebar. 

Kemudian, belalai gajah Afrika terdiri dari banyak segmen, dan ujungnya terbelah dua. Sedangkan belalai gajah India hanya memiliki sedikit segmen. Gajah Afrika memiliki gading yang lebih besar, dan hanya ada tiga kuku di kaki belakangnya. Sedangkan gajah India memiliki empat kuku.

Gajah Afrika adalah mamalia terbesar di dunia. Gajah jantan bisa mencapai berat 8 ton, dengan tinggi 3 sampai 4 meter. Gajah Afrika juga merupakan hewan dengan hidung terpanjang, karena belalainya bisa mencapai 2,5 meter. 

Sedangkan gajah India adalah hewan dengan ekor terpanjang, karena ekornya bisa mencapai 1,5 meter, belum termasuk rambur-rambut di ujungnya.

Related

Science 7036401838241918190

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item