Burung-burung Pemangsa, Tampak Indah tapi Mematikan


Naviri Magazine - Meski sebagian besar burung memakan serangga kecil, biji-bijian, dan kacang-kacangan, namun ada pula burung yang memakan burung dan hewan lain—merekalah yang disebut burung pemangsa. Beberapa burung yang dapat dimasukkan dalam kelompok pemangsa di antaranya adalah burung falkon, elang, rajawali, kestrel, hering, dan burung pelatuk.

Burung pemangsa memiliki cakar yang fleksibel dan tajam, yang digunakan untuk mencengkeram, mencabik, dan membunuh mangsa mereka. 

Burung-burung pemangsa menangkap dan memakan hewan yang ukurannya biasanya lebih kecil darinya, baik di tanah, di udara, maupun di air. Dapat dibilang mereka tidak pilah-pilih mangsa, bahkan beberapa jenis burung tersebut ada yang memakan daging hewan yang telah mati sebelumnya.

Sebagian burung pemangsa berwarna cokelat, dan dapat ditemukan di hampir semua benua, kecuali di Antartika. Meski pemangsa yang mematikan, sosok burung-burung itu umumnya tampak indah, sehingga sering kali diburu untuk dipelihara dan dilatih menjadi hewan peliharaan. 

Burung rajawali California adalah salah satu burung pemangsa besar yang terancam punah karena seringnya diburu.

Related

Science 8823701002366814963

Recent

item