Ini 6 Makanan Kaya Probiotik yang Bermanfaat untuk Tubuh Kita


Naviri Magazine - Kalau kita mengalami masalah pencernaan, biasanya dokter akan menyarankan agar kita meningkatkan konsumsi probiotik dalam diet. Probiotik memiliki manfaat dalam mengatasi konstipasi, diare, juga demam yang wajar. Hal itu dimungkinkan, karena probiotik sebenarnya juga mendukung pertumbuhan bakteri baik yang berfungsi sebagai antibiotik. 

Berikut ini beberapa makanan yang kaya probiotik, yang bisa Anda pilih jika kebetulan membutuhkan tambahan asupan probiotik.

Cokelat hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate dapat memperbaiki sel-sel tubuh, dan mengatasi masalah pencernaan, karena mengandung antioksidan dan flavonoid. Zat-zat itu dapat mengembalikan sel sehat dan melumpuhkan sel jahat serta radikal bebas. Mengonsumsi cokelat hitam sesuai aturan juga dapat membantu membersihkan usus besar.

Sauerkraut 

Sauerkraut adalah kubis hasil fermentasi, yang berasal dari Jerman. Meski mungkin makanan ini tidak bisa dibilang enak, namun sauerkraut mengandung bakteri baik. Proses fermentasi pada makanan ini juga menyingkirkan kadar gula dalam kubis, dan menambahkan kadar vitamin B 12 dalam kubis.

Acar dan sambal dari buah-buahan

Acar dan sambal banyak dibuat dari buah-buahan. Ketika buah-buahan dijadikan acar, prosesnya dinamakan lacto-fermentation. Dalam proses itu, ketika garam ditambahkan pada sayuran, lactic acid akan mengubah gula dalam sayuran menjadi energi.

Kacang kedelai

Secara alami, kacang-kacangan dan sereal adalah makanan sehat. Namun, ketika difermentasi, mereka akan menghasilkan probiotik. Di Jepang, sup miso adalah masakan kaya probiotik karena menggunakan fermentasi pasta kacang kedelai. Jika kesulitan mendapatkan miso, Anda dapat meminum susu kedelai, atau kedelai tahu yang difermentasi.

Granola

Granola adalah makanan khas India. Selain mengandung serat, granola juga mengandung banyak bakteri probiotik. Namun, sebaiknya hati-hati memakannya jika Anda memiliki alergi terhadap laktosa dan harus menjaga kadar kalori yang Anda makan. Pastikan cek kemasannya terlebih dulu sebelum memakannya.

Makanan fermentasi

Kunci untuk mendapatkan makanan yang kaya probiotik adalah fermentasi, karena tubuh kita memerlukan bantuan bakteri-bakteri baik yang hidup dalam usus. Karena itu pula, penting untuk mempertahankan pertumbuhan bakteri baik tersebut.

Related

Health 3754897825952261731

Recent

item