Ini Makanan-makanan Sehat yang Bisa Meredakan Stres (Bagian 1)


Naviri Magazine - Stres bisa datang karena berbagai penyebab, seperti banyak masalah, banyak beban pikiran, atau lainnya. Selain faktor dari luar semisal banyaknya tumpukan kerja, stres juga bisa disebabkan oleh tubuh kita sendiri. Kekurangan kadar asam folat, misalnya, dipercaya menjadi salah satu hal yang menjadikan kita mudah stres.

Sebagian orang jadi tidak doyan makan saat stres, sementara sebagian yang lain malah makan dalam jumlah banyak. Yang menjadi masalah, orang yang sedang stres cenderung memilih makan junk food seperti es krim, cookies, atau donat. Padahal, ada makanan-makanan lain yang lebih baik bagi tubuh, selain dapat membantu meredakan atau meringankan stres.

Jeanne Ricks, direktur kesehatan holistik dari City College, New York, mengatakan, ada makanan-makanan tertentu yang secara positif dapat mengubah senyawa kimia otak. Bahkan, dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut, sebagian orang tak perlu lagi mengonsumsi obat antidepresan untuk mengusir stres.

“Makanan ini tidak hanya meningkatkan mood, tapi juga dapat mengurangi kadar stres dan cemas,” ujar Jeanne Ricks. “Karenanya, sebelum mengonsumsi obat antidepresan, makanan sebetulnya juga bisa dijadikan terapi.”

Lalu makanan apa saja yang bisa membantu meredakan stres? Berikut ini makanan-makanan yang bisa dipilih untuk membantu mengatasi dan meredakan stres yang kita alami.

Cokelat hitam

Selama ini, cokelat hitam diketahui dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, mengurangi tekanan darah, serta mengurangi risiko penyumbatan aliran darah. Namun, ternyata para pakar juga menggunakannya untuk mengurangi risiko gangguan mood. 

Hampir sama seperti wine, cokelat hitam mengandung resveratrol, yaitu antioksidan yang memperbaiki sistem imun. Senyawa itu juga dapat meningkatkan produksi endorfin di otak, yang merupakan target dari obat-obatan antidepresan.

Buah dan sayur

Para pakar menghubungkan diet sehat dengan mood dan kesehatan jantung yang lebih baik, salah satunya dengan mengonsumsi buah dan sayur. Mengurangi konsumsi gula buatan, dan menggantinya dengan sayur serta buah merupakan cara yang baik dalam meningkatkan kadar serotonin, yang pada akhirnya dapat mengurangi kadar stres kita.

Pepaya

Kita mungkin sudah tahu kalau pepaya adalah buah yang bermanfaat dalam hal melancarkan pencernaan. Namun ternyata fungsi pepaya tidak sebatas itu, karena buah ini juga mengandung nutrisi yang dapat mengurangi kadar stres. Nutrisi itu mampu memancing produksi hormon antistres dalam tubuh. Lebih dari itu, setengah buah pepaya mengandung 75 persen vitamin C lebih banyak dari jeruk.

Berdasarkan riset Universitas Alabama, AS, satu pepaya berukuran besar mengandung 200 mg vitamin C. Dengan jumlah kadar vitamin tersebut, seekor tikus tidak mengalami stres selama dua hari. Jika pepaya berkhasiat menghilangkan stres pada tikus, hal itu juga bisa digunakan untuk menghilangkan stres pada manusia.

Teh peppermint

Teh dengan tambahan daun mint direkomendasikan sebagai minuman yang tidak hanya membantu mengatasi stres, tapi juga meningkatkan konsentrasi dan semangat kerja. Sejumlah riset mengungkapkan bahwa konsumsi teh pepermint selama perjalanan jauh membuat pengendara lebih tahan ngantuk dan tetap fokus. 

Bagi yang tidak menyukai teh, bisa menggantinya dengan permen pepermint atau minyak pepermint.

Susu

Saat stres, susu bisa dijadikan minuman terbaik untuk dipilih. Dibandingkan kopi, teh, apalagi soda, susu lebih bagus untuk tubuh karena mengandung antioksidan dan vitamin B2, B12, kalsium, serta protein yang dapat membantu meredakan stres.

Sereal

Sereal mengandung banyak asam folat dan vitamin. Menikmati semangkuk sereal dipercaya bisa menghilangkan stres.

Baca lanjutannya: Ini Makanan-makanan Sehat yang Bisa Meredakan Stres (Bagian 2)

Related

Health 4941658383005363750

Recent

Hot in week

item